Ridwan Kamil Bicara Pilpres 2024: Kalau Pintu PAN Terbuka, Bismillah

Ridwan Kamil Bicara Pilpres 2024: Kalau Pintu PAN Terbuka, Bismillah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam acara Workshop Nasional PAN

WJtoday, Denpasar – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuka kemungkinan dirinya maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024.

Emil, sapaan akrabnya, menekankan kesiapannya maju di pilpres, dirinya juga siap jika nantinya PAN mengusungnya menjadi calon presiden (capres) di hajatan lima tahunan ini.

"Jadi, 2024 di mana takdir saya tersebut, bila jadi tidak masalah. Tapi, kalau ada sebuah pintu terbuka misalkan dari partai PAN, saya Bismillah," kata Emil  saat  acara Workshop  Nasional PAN di Bali, Selasa 5 Oktober 2021. 

Namun jika dirinya tak terlibat dalam Pilpres 2024, ia tidak mempermasalahkan hal tersebut. Sebab menjadi pemimpin menurutnya memiliki dua makna, pertama adalah bermanfaat.

"Buat saya kepemimpinan harus bermanfaat, buat apa jadi gubernur kalau tidak ada perubahan," ujarnya

"Tapi kalau tidak, tidak masalah, kira-kira begitu, karena Allah yang menentukan," katanya dari atas panggung.

Setelah acara, Emil pun kembali bicara tentang peluangnya bergabung ke partai politik sebagai kader. Ia menyadari, untuk maju dalam kontestasi politik level nasional, paling tidak tawaran menjadi kader semakin kuat. 

Dia menyampaikan alasannya yang hingga kini belum menjadi bergabung ke parpol karena masih manut terhadap nasihat sang ibunda. Ia bilang nasihat itu agar tidak menjadi kader parpol. 

“Apakah periode kedua gubernur lagi atau tawaran nasional, itu saya sudah istikharah-kan. Tentu akan berlabuh di salah satu partai. Yang tentunya masih saya pikirkan baik-baik, salah satunya mungkin dari partai PAN,” ujarnya. 

Emil juga mengatakan, dirinya sudah terbiasa bertarung. Ia menceritakan kala maju di Pilgub dirinya banyak menghadapi calon-calon kuat dengan latar belakang Jenderal. 

Emil juga mengklaim dirinya sebagai Gubernur bisa memimpin 50 juta warga negara. Hal itu disebutnya setara dengan memimpin negara Korea Selatan yang jumlah penduduknya 51 juta jiwa. 

"Tapi ibu ngasih nasehat terakhir kemarin keluar fatwanya bahwa menurut ibu kamu ini berhasil anak ku kalau mengisi ruang kosong itu bahasanya. Saya juga nggak ngerti maksudnya tapi yang saya pahami pak waktu walikota, walikotanya udah dua kali inkumben saya menang, waktu pilgub pak Aher dua kali saya masuk menang. Kira-kira begitu. Itu yang dimaksud nasehat ibunda saya dalam terawangan ibu," tandasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mengaku menaruh hati terhadap Emil. Bagi dia,  Emil adalah sosok pemimpin muda. Salah satu keberhasilan Emil saat memimpin Kota Bandung, adalah inspirasi. 

Ia juga meminta, kader di seluruh Indonesia menjadikan Emil sebagai contoh. "Ini saya jatuh cinta sama Kang Emil ini,” kata Zulkifli.

Nama Ridwan Kamil diketahui masuk dalam bursa bakal capres versi sejumlah lembaga survei. Selain Emil, ada beberapa nama tokoh lain seperti Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. ***