Ribuan Tentara AS Akan Masuk Indonesia, TNI AD: Semua Ikuti Prosedur Ketat

Ribuan Tentara AS Akan Masuk Indonesia, TNI AD: Semua Ikuti Prosedur Ketat

WJtoday, Jakarta - Ribuan militer atau tentara Amerika Serikat (US Army) akan masuk ke Indonesia.  Sejak Sabtu (24/7/2021) lalu, sebanyak 330 tentara Angkatan Darat AS gelombang pertama sudah mulai berdatangan ke Palembang. 

Kedatangan 330 tentara Amerika Serikat ke Indonesia itu dalam rangka mengikuti latihan Garuda Shield ke-15 Tahun 2021 bersama TNI Angkatan Darat yang akan diselenggarakan di beberapa pusat latihan tempur TNI Angkatan Darat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna menegaskan, kedatangan tentara AS ke Indonesi itu dilakukan dengan prosedur Protokol Kesehatan (Prokes) dan administrasi yang sangat ketat.  

"Selain prokes yang ketat dari Satgas Covid-19, ketentuan-ketentuan yang berlaku juga diterapkan terhadap para Tentara Amerika tersebut, seperti pemeriksaan dari pihak Bea Cukai dan Imigrasi untuk mewujudkan pelaksanaan latihan aman dan tertib," kata Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna, Senin (26/7/2021).

Lebih jauh lagi, Kadispenad menjelaskan, bahwa kedatangan 330 tentara Amerika Serikat itu merupakan kedatangan gelombang pertama dari yang sudah terjadwalkan.

Dalam latihan bersama Garuda Shield ke-15 tahun ini, lanjut Kadispenad, akan melibatkan ribuan tentara dari TNI Angkatan Darat dan US Army, yaitu, sebanyak 2.246 personel TNI Angkatan Darat dan 2.282 personel Angkatan Darat Amerika Serikat.

Kadispenad menegaskan, Garuda Shield tahun ini akan menjadi latihan terbesar sepanjang sejarah kerjasama TNI Angkatan Darat dengan US Army. Dalam latihan bersama itu akan menyuguhkan beberapa materi latihan, diantaranya, materi latihan Staff Exercise, Field Training Exercise, Live Fire Exercise, Medical Exercise, dan Aviation.

“Tujuan dari latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan prajurit TNI AD dengan Angkatan Darat Amerika Serikat dalam pelaksanaan tugas operasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, latihan bersama Garuda Shield 2021 itu akan digelar dari tanggal 1 sampai dengan 14 Agustus 2021, dan akan digelar di tiga daerah latihan tempur Baturaja, Amborawang, dan Makalisung.***