Review dan Jadwal Siaran Langsung Laga Pembuka Euro 2020: Italia vs Turki

Review dan Jadwal Siaran Langsung Laga Pembuka Euro 2020: Italia vs Turki
Roberto Mancini yang diperkirakan harus bekerja keras untuk mengungguli Turki di laga pembuka Euro 2020 (ap)

WJtoday, Bandung - PERHELATAN  sepakbola akbar Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 sesaat lagi bakal dimulai. Mulai Jumat (11/6/2021) waktu setempat atau Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB,  rangkaian acara pembukaan dilanjutkan dengan kick off laga perdana bisa disaksikan langsung di layar televisi.

Laga perdana Italia melawan Turki bakal menjadi penanda start kejuaraan sepak bola antarnegara Eropa edisi ke-16. Turki dan Italia merupakan kontestan Grup A. Kedua kesebelasan tergabung bersama Wales dan Swiss.

Jadwal siaran langsung Turki vs Italia akan dimulai pada Sabtu (12/6) pukul 02.00 dini hari waktu Indonesia barat (Stadion Olimpico, Roma / Sabtu (12/6) 02.00 / RCTI - Mola Tv)

Turki yang dilatih Senol Gunes berkekuatan pemain-pemain senior hingga talenta-talenta muda. Nama lawas seperti Burak Yilmaz masih ada dalam daftar susunan pemain Turki.

Selain itu ada pula nama-nama pemain andalan seperti Cengiz Under, Enes Unal, Caglar Soyuncu, Merih Demiral, dan Hakan Calhanoglu. Dua nama terakhir patut diwaspadai Italia karena merumput di Serie A menjadi tulang punggung Juventus dan AC Milan.

Sementara Italia berupaya meraih gelar Euro untuk kali kedua, setelah 1968, dengan mengandalkan banyak pemain tenar dari posisi kiper hingga penyerang. Gianluigi Donnarumma, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Marco Verratti, Jorginho, dan Ciro Immobile bakal menjadi pilihan pelatih Roberto Mancini.

Baca juga: Prancis, Skuat Bertabur Bintang yang Tengah Percaya Diri

Italia menyambut laga ini dengan catatan tidak terkalahkan dalam 27 laga terakhir. Modal itu akan memotivasi Lorenzo Insigne dkk untuk mengamankan tiga poin di laga perdana.

Namun, Turki bukan tim sembarangan yang mudah ditaklukkan. Turki sedang menjalani periode bagus karena belum terkalahkan sepanjang tahun 2021.

Namun Gil Azzuri memiliki catatan positif saat bertemu Turki. Italia tidak pernah kalah dalam sepuluh pertemuan terakhir melawan Turki dan punya rekor kebobolan yang minim. Di atas kertas Italia juga punya komposisi pemain yang lebih unggul atas tim tamu.

Berbekal semuanya, banyak pengamat sepakbola di Tanah Air dan di luar negeri menjagokan Italia akan mampu mengatasi Turki meski dengan skor tipis.

Kemenangan di laga pembuka bakal memuluskan jalan Turki atau Italia menuju fase gugur. Dalam Euro 2020 ini tak hanya juara dan runner up grup saja yang berhak ke babak 16 besar, tetapi juga ada jatah bagi peringkat tiga terbaik.  ***