Resmikan Galeri Museum Basket, Sandiaga Uno: Kota Bogor Bisa Jadi Tujuan Wisata Baru bagi Pecinta Bola Basket

Resmikan Galeri Museum Basket, Sandiaga Uno: Kota Bogor Bisa Jadi Tujuan Wisata Baru bagi Pecinta Bola Basket

WJtoday, Bogor - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, Kota Bogor di Jawa Barat, berpotensi menjadi destinasi wisata baru bagi para pecinta olahraga bola basket di Indonesia.

Hal itu dikatakan Sandiaga usai meresmikan galeri museum basket The Bucketlist Indonesia di kawasan Tanah Baru, Kota Bogor, Jawa Barat.

Menurut Sandiaga, kehadiran galeri museum basket terlengkap se-Asia Tenggara itu bisa mendongkrak kunjungan wisatawan di tengah upaya pemerintah dalam mengembalikan pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Sandiaga menilai, dengan konsep hiburan, edukasi, dan pengalaman yang dihadirkan  The Bucketlist, sangat cocok sebagai destinasi bagi para pecinta bola basket.

"Tadi sudah saya cek, bahwa ini mungkin koleksi yang paling lengkap se-Asia Tenggara. Jadi di sini kita dapat lengkap, wisatanya, olahraga bola basketnya, dan juga yang paling penting adalah edukasinya," kata Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, saat ini Kementerian Peristiwa sedang berjuang untuk menerapkan Cleanliness, Health, Safety, Environment, Sustainability (CHSE). Dia menyebut, The Bucketlist Indonesia akan menjadi target selanjutnya dalam program CHSE di tahun ini.

"Sekarang saya titip di sini mudah-mudahan kita bisa bangkitkan ekonomi, bangkitkan semangat masyarakat. Pulihkan ekonomi kreatif, majukan pariwisata Kota Bogor dan yang terpenting buat saya adalah together we can do it," sebutnya.

Ia mengemukakan, destinasi wisata berbasis olahraga sangat jarang di Indonesia. Sandiaga menyebutkan, hal itu akan terwujud jika ada seseorang yang sangat peduli dan sangat semangat terhadap satu destinasi sehingga dari situ bisa menghadirkan satu destinasi terbaik.

"Dari Bogor kita bisa untuk setiap cabang yang punya penggemar banyak seperti sepak bola, maupun bulu tangkis, juga Bucketlist yang lain. Mudah-mudahan ini bisa kita wujudkan di seluruh pelosok nusantara," ungkapnya.

Pemilik The Bucketlist Indonesia, Helmy Yusman Santoso mengungkapkan, dirinya menyadari bahwa olah raga bola basket di Indonesia belum terdokumentasi dengan baik. Dengan alasan itulah, Helmy menghadirkan The Bucketlist Indonesia sebagai one stop basketball experience yang menghadirkan edukasi, pengalaman, dan entertainment seputar dunia basket.

Tak hanya lapangan berstandar Federasi Basket Internasional (FIBA), The Bucketlist Indonesia juga menghadirkan galeri basket pertama dan terbesar di Indonesia.

"The Bucketlist Indonesia berisi kenangan dan pencapaian penting bagi para bintang basket nasional dan internasional. The Bucketlist Indonesia merupakan salah satu upaya kami dalam mengabadikan pencapaian para bintang basket nasional maupun internasional," ujar Helmy.

"Dengan dibukanya Bucketlist Indonesia, kami juga berharap dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga bola basket sekaligus menginspirasi para pecinta basket untuk terus bermain basket.” ujar dia.***