Resmi! PTM di Kota Bandung Batal Digelar Juli 2021

Resmi! PTM di Kota Bandung Batal Digelar Juli 2021

WJtoday, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi membatalkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di semua jenjang sekolah pada Juli 2021. Keputusan ini disampaikan Wali Kota Bandung Oded M Danial karena kasus Covid-19 terus meningkat.

Bahkan Kota Bandung termasuk dalam wilayah penyumbang kasus anak terkonfirmasi positif Covid-19 terbanyak bersama Kabupaten Garut, Kota Depok, dan Subang.

"Tren kasus positif Covid-19 terus megalami peningkatan. Kota Bandung saat ini zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19," Wali Kota Bandung, Senin (5/7/2021). 

Mang Oded, sapaan akrab Wali Kota Bandung menyatakan, khawatir akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 dengan korban anak-anak jika memaksakan membuka kegiatan pembelajaran tatap muka. 

"Apalagi diketahui saat ini banyak anak-anak yang terpapar Covid-19," ujar Mang Oded.

Wali Kota Bandung berharap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap berada pada keputusan untuk meniadakan PTM pada tahun ajaran baru 2021-2022.

Baca Juga : Kondisi Covid-19 Memprihatinkan, Wali Kota Bandung Berharap PTM Tak Digelar Bulan Juli

Diberitakan sebelumnya, uji coba pendidikan tatap muka terbatas (PTMT) di Kota Bandung dihentikan mulai hari ini, Rabu (16/6/2021). Penyebabnya, kasus Covid-19 di Kota Bandung terus meningkat.

Penghentian uji coba PTMT yang sedianya berlangsung hingga Jumat (18/6/2021) di Kota Bandung dibenarkan oleh Ketua Federasi Aliansi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Iwan Hermawan. 

"Iya betul. Hari ini semua uji coba PTMT dihentikan," kata Iwan.

Menurut dia, penghentiann uji coba PTMT di Kota Bandung menindaklanjuti semakin tingginya kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah menetapkan status siaga 1 untuk wilayah Bandung raya. 

Sementara itu, informasi yang diterima, penghentian PTMT dilakukan setelah rapat koordinasi (rakor) terbatas yang dipimpin Sekda Kota Bandung Ema Sumarna pada Selasa malam pukul 19.00-22.00 WIB. 

Hasilnya, PTMT dihentikan sehubungan hampir semua sekolah percontohan sudah melaksanakan uji coba atau simulasi PTMT. Selain itu, juga memperhatikan situasi dan kondisi perkembangan Covid-19 di area Bandung Raya.

"Dengan ini disampaikan bahwa jadwal pelaksanaan simulasi PTMT di Kota Bandung yg sedianya rentang jadwal 7-18 Juni, diputuskan sudah selesai pada hari ini, Selasa 15 Juni 2021," tulis Pemkot Bandung dalam pemberitahuan itu. 

Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai instruksi Sekda, maka dari Rabu 16 Juni 2021 tidak ada pelaksanaan simulasi PTMT di seluruh sekolah percontohan dari jenjang Paud & Dikmas (formal/nonformal)/RA, SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA, dan SLB.***