Resmi Diperpanjang, Ada 10 Daerah di Luar Jawa-Bali yang Masih Terapkan PPKM Level 4

Resmi Diperpanjang, Ada 10 Daerah di Luar Jawa-Bali yang Masih Terapkan PPKM Level 4
ilustrasi PPKM Level 4./WJtoday

WJtoday, Jakarta - Pemerintah melanjutkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 mulai 21 September sampai 4 Oktober 2021. Dalam perpanjangan terakhir, masih terdapat 10 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4.

Adapun ke-10 daerah tersebut seluruhnya berada di luar Jawa dan Bali. Pemerintah masih memasukkan daerah tersebut ke PPKM level 4 karena berada di wilayah aglomerasi.

"Level 4 masih diberlakukan di 10 kabupaten/kota karena terkait dengan aglomerasi, jumlah penduduk, maupun tingkat vaksinasi yang Masih di Bawah 50 persen," jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Sementara itu, wilayah Jawa-Bali semuanya sudah turun ke level 2 dan level 3. Hal ini lantaran kasus Covid-19 di Jawa dan Bali mengalami penurunan 98 persen dibandingkan puncak kasus pada 15 Juli 2021 lalu.

"Saya bisa sampaikan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten kota yang berada di level 4 di Jawa Bali," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Senin.

Baca Juga : PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 4 Oktober, tak Ada Level 4

Berikut daerah yang masih terapkan PPKM level 4 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua:

a. Aceh:
1. Kabupaten Pidie
2. Kabupaten Aceh Tamian

b. Sumatera Barat:
3. Kota Padang

c. Bangka Belitung:
4. Kabupaten Bangka

d. Kalimantan Selatan:
5. Kota Banjarmasin
6. Kota Banjarbaru

e. Kalimantan Timur:
7. Kabupaten Kutai Kartanegara
8. Kota Balikpapan

f. Kalimantan Utara:
9. Kabupaten Bulungan
10. Kota Tarakan.***