Resmi Bela Persib Bandung, Wilujeng Sumping Marc Klok

Resmi Bela Persib Bandung, Wilujeng Sumping Marc Klok
Marc Klok

WJtoday, Bandung - Setelah simpang siur sekian lamanya, akhirnya akun resmi Persib Bandung di Twitter menjawab pertanyaan ketidakpastian itu.

"It's official! The search is over" cuit akun Persib Bandung, Rabu (30/6/2021).

Memang dalam beberapa hari terakhir ini, dikabarkan jika pemain naturalisasi itu membelot dari Tim Macan Kemayoran. Namun yang menjadi pertanyaan adalah kemanakah pria kelahiran Amsterdam, Belanda, 20 April 1993 itu menuju pelabuhan hatinya?

Baca Juga : Marc Klok Resmi Gabung dengan Persib Bandung

Sejumlah klub karenanya mulai membidik mantan pemain PSM itu untuk dijadikan miliknya. Di antaranya dari Arema FC dan Bali United. Oleh karenanya Persib harus memenangkan persaingan.

Sejatinya kontrak pemain terbaik Piala Menpora 2021 itu dengan Persija Jakarta adalah empat tahun terhitung sejak 2020.

Akan tetapi pekan lalu, kedua belah pihak, Persija dan Marc Klok sepakat untuk memutus perjanjian. Dengan demikian, ini adalah suatu keuntungan bagi tim yang ingin memilikinya karena free transfer.

Jika Persija Jakarta rugi besar terkait lepasnya mantan Oldham Athletic itu mendekat bergulirnya Liga 1, sebaliknya Persib Bandung mendapatkan keuntungan besar.

Selain memperoleh keuntungan finansial karena berstatus free transfer, tentu dengan hadirnya Klok kekuatan tim kesayangan masyarakat Jawa Barat itu semakin ditakuti lawan-lawannya.

Sejumlah fans The Jakmania sempat mencibir Klok ketika dia memutuskan hengkang dari Macan Kemayoran. Mata duitan, salah satu perkataan yang dituliskan mereka.

Konon pengkhianatan Klok kepada Persija  lantaran permintaan gaji Klok kepada Persija tidak diterima manajemen. Belum ada pernyataan resmi, akan tetapi sejumlah faktor ini mengapa Klok memilih Persib Bandung sebagai pelabuhan barunya.

Yang pertama adalah faktor Robert Rene Alberts, pelatih Maung Bandung saat ini. Karena Alberts dan Klok mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama orang Belanda.

Persib Maung Bandung memang kental dengan aroma Belanda. Selain Alberts, sejumlah punggawa mereka juga berasal dari negeri kincir angin.

Sebut saja Ezra Wailan yang sekarang sudah menjadi warganegara Indonesia. Atau Geoffrey Castillon dan Nick Kuipers.

Alberts memang dikenal sebagai pelatih yang gemar mendatangkan punggawanya dari Belanda.

Marc Klok juga didatangkan Alberts untuk pertama kalinya ke Indonesia, dan bermain untuk PSM Makassar.

Berapa lama Marc Klok akan mengikat kontrak dengan Persib Bandung. Yang jelas lebih dari satu tahun. Bahkan konon Klok terikat kontrak selama empat tahun terhitung 2021.

Resminya Marc Klok bergabung dengan Persib Bandung itu bertepatan dengan pengumuman ditundanya kembali pagelaran Liga 1 ke akhir Juli 2021.

Selain dapat berkontribusi besar untuk Pangeran Biru, uniknya para Bobotoh bahkan mengolok-olok Persija Jakarta sampai bisa kehilangan seorang pemain besarnya.***