Ratusan Warga Sukabumi Keracunan Usai Makan Nasi Kotak Acara Syukuran Warga Pulang Haji

Ratusan Warga Sukabumi Keracunan Usai Makan Nasi Kotak Acara Syukuran Warga Pulang Haji
Ilustrasi keracunan makanan. (Istock)

WJtoday, Sukabumi - Warga desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi alami keracunan massal yang diduga usai mengkonsumsi nasi kotak dari syukuran salah seorang warga yang baru pulang ibadah haji.

Sejumlah warga mendadak merasakan sakit perut dan mual hingga muntah-muntah dan diare.
Adapun isi nasi kotak dari acara syukuran itu yakni, nasi, mie goreng, ayam goreng serundeng.

Tercatat ada 145 warga yang alami keracunan. Dari data hingga Jumat (29/7/22) malam, warga masih banyak yang dirawat di Puskesmas Ciracap dan beberapa orang dirujuk ke RSUD Jampangkulon.

"(Jumlah korban) 145 orang, yang dirujuk 8 orang dan yang masih dirawat 11 orang. Itu data update pukul 21.35 WIB,” ujar Plt Sekmat Ciracap Tuba mengutip dari Sukabumiupdate sabtu (30/7/22).

Tuba menambahkan, beberapa korban Keracunan dirujuk ke RSUD karena kondisinya yang salah satunya suhu tubuh terus menerus panas.

Hal senada diungkapkan oleh Plt Camat Ciracap, Gingin Ginanjar mengatakan, peristiwa keracunan massal ini, terjadi pada saat salah satu warga setempat melakukan syukuran kepulangan setelah melaksanakan ibadah haji pada Kamis (28/7/2022) sekira pukul 16.00 WIB yang dihadiri sekitar 150 orang.

"Setelah melaksanakan acara syukuran, warga yang hadir diberikan bingkisan berupa nasi kotak yang berisikan nasi, ayam goreng serundeng dan mie goreng," ujar Gingin.

Setelah itu, lanjut Gingin, pada Jumat (29/7/22) sekira pukul 10.30 WIB, Puskesmas Ciracap menerima informasi adanya warga dari Kampung Tangkolo, Kampung Saleman, Kampung Ciceuri, Desa Purwasedar, diduga mengalami keracunan dengan gejala sakit perut, mual, diare dan muntah-muntah.

"Setelah menerima informasi tersebut, kemudian Tim URC Puskesmas Ciracap melaksanakan kunjungan ke lokasi dan mengevakuasi korban ke Puskesmas Ciracap untuk penanganan medis," tambah Gingin.***