Puncak Hari Museum Indonesia 2022 Bakal Dipusatkan di Bandung Jadi Salah Satu Sarana Promosi Pariwisata

Puncak Hari Museum Indonesia 2022 Bakal Dipusatkan di Bandung Jadi Salah Satu Sarana Promosi Pariwisata
Museum Konferensi Asia Afrika, Kota Bandung.(twitter)

WJtoday, Bandung - Hari Museum Indonesia (Harmusindo) tahun 2022 jatuh pada tanggal 12 Oktober mendatang. Puncak peringatan Harmusindo 2022 akan dipusatkan di Kota Bandung.

Kepala UPT Museum Konferensi Asia Afrika Dahlia Kusuma Dewi membenarkan hal tersebut. Hal itu disampaikannya saat diwawancarai di Museum Konferensi Asia Afrika, pada Rabu 21 September 2022.

Menurut Dahlia tema besar yang diusung tahun ini, yakni “Museum sebagai Sumber Inspirasi Bangsa (Inspiring Museum)”.

"Tema itu muncul dari kesadaran akan pentingnya museum bangkit kembali setelah selama dua tahun lebih menutup pintu lantaran menghadapi masa pandemik. Selain itu, tema juga sejalan dengan tema Hari Museum Internasional 2022, yakni The Power of Museum," katanya.

Dengan begitu kata Dahlia, melalui tema itu diharapkan dapat memperkuat peran museum di Indonesia sebagai sumber inspirasi masa kini bagi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia maju.

"Jadi pesan soal inspirasi museum itu terwakili melalui logo. Unsur logo berupa pintu menggambarkan pintu-pintu museum yang kini telah dibuka kembali setelah melalui masa pandemik," katanya.

Lalu kata Dahlia, logo juga memiliki elemen personifikasi. Pada sisi kiri berwarna biru yang menggambarkan pengelola permuseuman, yang siap dengan keramahan dan keterbukaan. Sedangkan, elemen personifikasi di sisi kanan yang berwarna hijau menggambarkan museum yang menerima kunjungan masyarakat.

"Secara keseluruhan, logo ini menggambarkan singkatan “HMI (hmi)” yang merupakan akronim dari Hari Museum Indonesia 2022," katanya.

Pihak panitia juga menyediakan tautan yang bisa diunduh bagi para pengelola museum. Melalui tautan ini, panitia menyiapkan berkas lunak logo sekaligus poster yang dapat dimodifikasi sendiri oleh pengelola museum.

"Bagi penggunaan logo untuk tujuan komersil, panitia menyediakan panduan khusus penggunaan logo. Untuk mendapatkannya, silahkan kontak panitia melalui email [email protected] Panitia terbuka untuk mendiskusikannya lebih lanjut," katanya.

Selain menjadi inspirasi, peringatan Harmusindo 2022 ini kata Dahlia menjadi salah satu strategi pemasaran dan promosi pariwisata permuseuman di seluruh Indonesia. Ini juga termasuk di Jawa Barat sebagai tuan rumah.

"Harmusindo 2022 merupakan event yang digelar untuk menjadi semangat bersama dalam melestarikan nilai sejarah dan budaya, menjadi bagian dari promosi pariwisata daerah serta membangkitkan ekonomi pasca pandemi," katanya.

Beragam kegiatan diselenggarakan dengan ruang lingkup lokal, regional hingga internasional. Beberapa di antaranya, yaitu para pegiat permuseuman, ekonomi kreatif, komunitas, dan stakeholders lainnya yang mendukung permuseuman.

Sekjen Amida Jabar Bambang Subarnas menambahkan dengan acara tersebut maka bisa memperkaya pengetahuan melalui museum.

"Ini bisa juga menyuarakan semangat kekayaan budaya Indonesia melalui permuseuman tersebut," katanya.***