Proses Perekrutan 57 Eks Pegawai KPK Jadi ASN Polri Segera Rampung

Proses Perekrutan 57 Eks Pegawai KPK Jadi ASN Polri Segera Rampung
Polri memastikan perekrutan 57 orang eks pegawai KPK untuk menjadi ASN Polri akan segera rampung. (antara)

WJtoday, Jakarta - Polri memastikan perekrutan 57 orang eks pegawai KPK untuk menjadi ASN Polri akan segera rampung dalam waktu dekat. Prosesnya kini sudah memasuki tahap akhir.

“Tidak berapa lama lagi bisa diselesaikan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Rabu (10/11/2021).

Rusdi menjelaskan 57 mantan pegawai KPK tersebut kini tengah melakukan kelengkapan berkas perekrutan. Proses tersebut hingga saat ini dipastikan masih terus berjalan.

“Ini semua sedang dilakukan pelengkapan, sekarang sedang berjalan,” ucap Rusdi.

Untuk diketahui, 57 mantan pegawai KPK yang dipecat karena tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), termasuk Novel Baswedan, akan direkrut menjadi ASN di Polri. 

Baca juga: Eks Pegawai KPK Tepis Kabar Dilantik Jadi ASN Polri Pada Hari Pahlawan

Polri telah menerima surat permohonan penetapan kebijakan pengangkatan 57 eks pegawai KPK yang dikirim Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Sebalumnya diberitakan, 57 Mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan bakal dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 10 November. Namun kabar itu ditepis mantan pegawai lembaga antirasuah tersebut.

Mantan Pegawai KPK, Hotman Tambunan mengatakan, aturan rekrutmen dari Polri terhadap pegawai KPK tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) masih terus berproses. Dia menampik, adanya kabar pelantikan pada 10 November terhadap mereka.

"Waduh, informasi itu tidak sampai ke kita ya, belum ada pembicaraan tentang hal tersebut," kata Hotman saat dikonfirmasi awak media, Selasa (9/11).  ***