Progres Baru 30 Persen, Pemerintah Ajak Masyarakat Bantu Lansia untuk Vaksinasi Covid-19

Progres Baru 30 Persen, Pemerintah Ajak Masyarakat Bantu Lansia untuk Vaksinasi Covid-19
ilustrasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia./Twitter

WJtoday, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak masyarakat membantu lansia mengakses vaksin covid-19. Sebab, progres vaksinasi lansia masih rendah per 30 September 2021.

“Baru sekitar 30 persen warga lansia mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama dan sekitar 20 persen telah mendapatkan suntikan vaksin lengkap,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo Usman Kansong dalam keterangan tertulis, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Target vaksinasi lansia sebanyak 21.553.218 orang. Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat bisa mempercepat progres vaksinasi lansia.

Usman menyebut masyarakat bisa membantu lansia mengakses lokasi vaksinasi. Lalu mengawal kesehatan mereka serta menghindarkan lansia dari paparan informasi yang tidak benar terkait vaksinasi.

“Dengan dukungan dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat, kita berharap target vaksinasi lansia segera terlengkapi,” ujar dia.

Pemerintah tengah menggenjot vaksinasi bagi masyarakat. Salah satunya terus mendatangkan vaksin covid-19 guna mengamankan stok dalam negeri.

“Dengan ketersediaan vaksin tersebut, pemerintah mengejar target vaksinasi 70 persen masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2021,” papar dia.

Indonesia masuk 10 besar negara dengan jumlah vaksinasi tertinggi di dunia. Namun seluruh pihak tidak boleh lengah dan terus membantu percepatan vaksinasi.

“Segera vaksinasi dan tidak perlu pilih-pilih vaksin karena semua vaksin aman dan berkhasiat,” tutur Usman.***