Profil Tim Unggulan Euro 2020

Prancis, Skuat Bertabur Bintang yang Tengah Percaya Diri

Prancis, Skuat Bertabur Bintang yang Tengah Percaya Diri
Sebagai juara Piala Dunia 2018, Prancis diunggulkan jadi juara di Euro 2020 (instagram)

WJtoday, Bandung - HAJAT akbar sepakbola di Benua Biru Eropa akan segera bergulir dalam hitungan hari. Ya, Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 pada 12 Juni bakal dimulai. Para pakar, pelatih, pengamat, bahkan bandar judi sudah ramai memperbincangkan siapa yang bakal jadi juara kali ini. Salah satunya adalah timnas Prancis.

Prancis sedang sangat percaya diri usai menjuarai Piala Dunia 2018 lalu. Momentum positif itu tentunya bisa jadi modal berharga untuk Euro 2020.

Prancis hampir juara Euro 2016, lalu berhasil menjuarai Piala Dunia 2018. Kini di Euro 2020, Prancis punya kepercayaan diri dan motivasi ekstra untuk membalas kegagalan di Euro 2016 lalu. Keyakinan untuk juara ini bisa jadi perbedaan besar dalam turnamen besar selevel Euro 2020. 

Prancis juga memiliki skuad tangguh yang dipenuhi pemain berpengalaman, bintang-bintang yang bersinar di klubnya masing-masing. Segalanya sudah siap bagi mereka untuk juara. 

Baca juga: Negara Mana Saja Pernah Jadi Juara Piala Eropa?

Selain momentum, skuad Prancis besutan Didier Deschamps saat ini luar biasa tangguh. Setiap posisi diisi pemain top dengan pelapis yang juga luar biasa. Sebagai contoh, di lini serang saja ada Benzema, Mbappe, Griezmann, Dembele, Coman, Giroud, Ben Yedder, Thuram, dan Lemar.

Kedalaman skuad seperti ini memberi kesempatan bagi Deschamps untuk mengutak-atik formasi dan menyesuaikannya dengan ancaman lawan. Artinya, Prancis bisa jadi turun dengan formasi dan taktik kejutan yang bisa memberikan keunggulan bagi mereka.

Pada edisi Euro sebelumnya, Prancis menjadi runner up setelah kalah dari Portugal. Tim Ayam Jantan sudah mengumpulkan dua gelar juara, hanya kalah dari Jerman dan Spanyol yang sudah mengoleksi tiga gelar.

Hanya saja juara dunia 2018 itu harus melewati jalan terjal di fase grup F. Les Blues harus bekerja keras lantaran berada di grup 'neraka' bersaing dengan Portugal, Jerman, dan Hungaria. Dua tim yang disebut di awal tentu bukan lawan enteng.

Daftar pemain Prancis di Euro 2020
Kiper: Hugo Lloris (Tottenham), Mike Maignan (Losc), Steve Mandanda (Marseille)

Bek: Lucas Digne (Everton), Leo Dubois (Lyon), Lucas Hernandez (Bayern Munich), Presnel Kimpembe (PSG), Jules Kounde (Sevilla), Clement Lenglet (Barcelona), Benjamin Pavard (Bayern Munich), Raphael Varane (Real Madrid), Kurt Zouma (Chelsea)

Gelandang: N'Golo Kante (Chelsea), Thomas Lemar (Atletico Madrid), Paul Pogba (Manchester United), Adrien Rabiot (Juventus), Moussa Sissoko (Tottenham), Corentin Tolisso (Bayern Munich)

Penyerang: Wissam Ben Yedder (Monaco), Karim Benzema (Real Madrid), Kingsley Coman (Bayern Munich), Ousmane Dembele (Barcelona), Olivier Giroud (Chelsea), Antoine Griezmann (Barcelona), Kylian Mbappe (PSG), Marcus Thuram (Borussia Monchengladbach).  ***