Prabowo Subianto Kembali Jabat Presiden Federasi Pencak Silat Dunia

Prabowo Subianto Kembali Jabat Presiden Federasi Pencak Silat Dunia
Prabowo Subianto dipercaya untuk kembali menjabat posisi Presiden Federasi Pencak Silat di tingkat dunia.(twitter)

WJtoday, Jakarta - Prabowo Subianto dipercaya untuk kembali menjabat posisi Presiden Federasi Pencak Silat di tingkat dunia. Keputusan itu berdasarkan hasil Kongres International Pencak Silat Federation atau Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (PERSILAT) 2022.

“Saya umumkan Bapak Prabowo menjadi presiden PERSILAT untuk empat tahun ke depan untuk memimpin PERSILAT. Insyaallah pencak silat semakin diterima di dunia secara luas,” kata Presiden Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) Datuk Wira Megat Zulkarnain selaku tuan rumah, di Melaka, Malaysia, Selasa (26/7/2022) kemarin.

Datuk Wira Megat menyatakan, keputusan ini berdasarkan dukungan dari berbagai negara yang menyatakan keinginan PERSILAT kembali dipimpin Prabowo. Kembali terpilihnya Prabowo diputuskan oleh negara-negara pendiri PERSILAT, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, dan disaksikan oleh presiden federasi pencak silat nasional dari berbagai negara.

Alasannya, Prabowo dianggap mampu dan memiliki pengaruh di dunia internasional untuk membawa pencak silat berlaga di olimpiade.

Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya gerakan pencak silat di berbagai negara di dunia. Di bawah kepemimpinan Prabowo, tercatat sudah terbentuk 85 federasi pencak silat yang mewakili negara masing-masing, atau telah bertambah 29 negara dalam tujuh tahun terakhir.

Seluruh presiden federasi nasional yang hadir juga menyatakan mendukung penuh kepemimpinan Prabowo. Negara tersebut ingin pencak silat berlaga di olimpiade dan ingin dukungan terhadap pencak silat semakin bertambah karena dunia kagum dengan seni bela diri warisan nenek moyang bangsa Indonesia ini.

“Kami mendukung Pak Prabowo untuk dipilih kembali sebagai presiden PERSILAT. Kami percaya Pak Prabowo bisa membuat pencak silat semakin mendunia dan membawa visi misi pencak silat yang inklusif,” kata Datuk Wira Megat membacakan aspirasi berbagai federasi.

Sementara itu, Prabowo Subianto menjanjikan, bahwa dengan kepercayaan yang diembannya kembali, dia akan membawa pencak silat dilombakan di Olimpiade.

Salah satu yang akan dilakukan yakni memberikan dukungan alat berlatih bagi seluruh federasi pencak silat nasional yang ada di dunia saat ini.

“Kami akan mendonasikan matras dan perlengkapan perlindungan pribadi sebanyak 200 buah, jadi tolong beri kami alamat Anda, kami akan mengirimkannya ke negara Anda secepatnya,” kata Prabowo.

Prabowo menjelaskan bantuan itu pertama-tama akan diberikan untuk Vietnam dan Kamboja serta berlanjut ke semua federasi. “Itu bagian dari komitmen kami dan rasa terima kasih kami atas upaya Anda,” ujarnya.

Prabowo juga menegaskan bahwa dirinya akan memberikan subsidi ongkos bagi anak-anak dari negara yang letak geografisnya jauh dari Indonesia untuk berangkat berlatih pencak silat di Tanah Air.

Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak pemuda dunia mempelajari pencak silat yang merupakan warisan budaya Indonesia.

“Kami mengerti untuk negara yang terlampau jauh, seperti Azerbaijan, Kazakhstan, Suriname, dan Kanada, kami mengerti itu. Ini adalah rasa hormat saya atas upaya Anda bahwa kami ingin mendukung anak-anak muda setidaknya lebih banyak lagi untuk datang dan berlatih,” pungkasnya.***