PPKM Lebih Longgar, Bioskop dan Tempat Wisata Boleh Buka

PPKM Lebih Longgar, Bioskop dan Tempat Wisata Boleh Buka

WJtoday, Jakarta - Pemerintah kembali sejumlah penyesuaian beberapa aktivitas masyarakat, pada saat perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM salah satunya pembukaan bioskop.

Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Luhut Binsar Panjaitan membeberkan bioskop di daerah dengan status PPKM level 3 dan 2 bisa dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen dan wajib lolos skrining aplikasi Pedulilindungi.

"Bioskop buka dengan kapasitas 50 persen di kota-kota level 3 dan level 2 namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi," jelas Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (13/9/2021).

"Penerapan protokol kesehatan yang ketat dan hanya yang kategori hijaulah yang dapat memasuki area bioskop," kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (13/9/2021).

Selain itu, lokasi tempat wisata di level yang akan dibuka dengan prokes ketat dan implementasi peduli lindungi pada kota-kota level 3 juga ditambah.

Namun akses menuju tempat wisata akan diterapkan sistem lalu lintas ganjil-genap pada akhir pekan, mulai Jumat pukul 12.00 sampai dengan Minggu pukul 18.00.

"Tujuannya untuk mengurangi kendaraan yang datang ke sana, jangan seperti yang terjadi di kasus pangandaran minggu lalu dimana jumlah pengunjung luar biasa banyaknya," jelasnya.

Meski sudah membaik, Luhut meminta masyarakat untuk tidak jemawa dengan keadaan yang semakin membaik ini, tetap menaati protokol kesehatan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Ingat kemarin kita sudah kena covid varian alpha, sekarang kita menghadapi varian delta yang lebih dahsyat," tegasnya.

Pemerintah akan terus menerapkan PPKM berbasis level hingga situasi pandemi Covid-19 benar-benar mereda. Pada pekan ini Bali turun ke level 3, sehingga hanya tersisa 3 kabupaten/kota yang masih berstatus PPKM Level 4.***