Positivity Rate Minggu ini 2,4 Persen, Paling Rendah Sepanjang Pandemi

Positivity Rate Minggu ini 2,4 Persen, Paling Rendah Sepanjang Pandemi
Ilustrasi (antara)

WJtoday, Jakarta - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, persentase posivity rate pada minggu ini mencapai paling rendah sepanjang pandemi. Hal ini, seiring dengan penurunan kasus Covid-19. 

"Positivity rate hanya 2,48%. Ini adalah positivity rate mingguan terendah yang pernah kita capai sepanjang pandemi," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual, yang dipantau pada Rabu (22/9/2021).
 
Wiku menuturkan, seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah terus berkomitmen meningkatkan jumlah testing di Indonesia agar semakin banyak kasus yang dapat dideteksi. Pada minggu terakhir, jumlah orang yang diperiksa mencapai 1 juta orang.

"Menurunnya kasus ini ternyata juga diikuti dengan terus meningkatnya persen kesembuhan hingga saat ini kesembuhan telah mencapai lebih dari 95% dan kesembuhan harian yang terus meningkat beberapa kali lipat dari kasus positif setiap harinya," jelas Wiku. 

"Terus meningkat dari yang sebelumnya berkisar 600 ribu sampai 900 ribu orang," imbuhnya.

Baca juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 4 Oktober, tak Ada Level 4

Dia menyatakan, perbaikan kondisi pandemi di Tanah Air bisa terjadi berkat kerja sama antara masyarakat dan pemerintah dalam menguatkan penerapan protokol kesehatan (prokes).
 
Tak lupa, ada peran besar tenaga kesehatan dalam merawat pasien virus korona. 

"Perbaikan ini tidak akan tercapai apabila tidak terjalin kerja sama yang baik antara seluruh lapisan masyarakat dan unsur pemerintah," sebutnya.

Wiku pun kembali mengingatkan masyarakat jangan lengah dan tetap memperhatikan prokes karena pandemi ini belum berakhir.  ***