UEFA Nations League

Portugal Gagal,Prancis dan Jerman Lolos ke Semifinal

Portugal Gagal,Prancis dan Jerman Lolos ke Semifinal
Pesepak bola Prancis meluapkan kegembiraan setelah mengalah Portugal 1-0, di ajang UEFA Nations
WJtoday.com - Prancis berhasil memastikan diri lolos ke semifinal UEFA Nations League setelah mengalahkan Portugal 1-0, kemarin. 

Gol tunggal dari gelandang Chelasa N’Golo Kante mengubur mimpi Portugal untuk mempertahankan gelar lantaran dipastikan tidak lolos seleksi Liga A Grup 3. 

Kante menjadi pembeda dalam laga tersebut setelah lini serang kedua tim gagal menyarangkan si kulit bundar ke gawang. Gol Kante pada menit ke53 memastikan lolosnya tim ‘Ayam Jantan’ ke babak selanjutnya meski tidak diperkuat penyerang andalan Kylian Mbappe. 

Seleccao das Quinas dipastikan gagal melaju ke semifinal karena baru mengumpulkan 10 angka dari lima laga. Sebaliknya, Les Bleus tiga poin lebih banyak. Sekalipun ada satu laga tersisa, poin yang dikoleksi Prancis tak bisa dikejar Portugal. 

Andai kata anak asuh Didier Deschamps tumbang pada partai terakhir, Portugal maksimal menyamai total raihan 13 angka. Namun, mereka kalah head-tohead akibat tumbang 0-1 di kandang sendiri dari Prancis. 

Sama seperti gelaran UEFA Nations League edisi perdana, kali ini hanya pemuncak klasemen dari tiap grup yang berhak lolos ke semifinal. 

Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps mengaku sangat senang dengan hasil yang didapat timnya. Terlebih mereka menang atas Portugal yang merupakan juara bertahan. Menurutnya, timnya mampu menampilkan performa solid, khususnya dalam pertahanan. 

Hal tersebut membuat Portugal kesulitan membongkar pertahanan Prancis, bahkan Cristiano Ronaldo tidak mampu berbuat banyak dalam laga tersebut. 

“Kami pantas menang dan kami telah memenuhi tujuan kami untuk finis teratas. Saya sangat bangga dengan para pemain,” ujar Deschamps, seperti dilansir laman resmi UEFA. 

“Mereka membuktikan malam ini bahwa Prancis masih tim yang hebat. Mengingat kualitas lawan, tentu saja ini salah satu penampilan terbaik kami belakangan ini,” lanjut Deschamps. 

Saat ditanya tentang kabar Mbappe, Deschamps memastikan striker Paris Saint-Germain itu sudah dapat dimainkan saat laga kontra Swedia pekan depan. 

“Dia akan bermain, dia bersemangat dan siap,” tuturnya. 

Masih di Liga A, Jerman juga memastikan diri mendapat tiket masuk semifinal setelah menang 3-1 atas Ukraina di laga lanjutan Grup 4. 

Penyerang anyar Chelsea Timo Werner tidak sekadar pulang kampung ke Red Bull Arena Leipzig pascatransfernya ke London. Dia juga ikut berkontribusi dengan torehan dua gol untuk memuluskan langkah Jerman lolos dari fase grup. 

Selain Werner, Leroy Sane ikut menyumbang gol untuk negaranya. Dari kubu lawan, gol tunggal didapat berkat Roman Yaremchuk. 

“Gol pertama saya sangat sederhana karena assist dari Leon (Goretzka) sangat bagus. Membuat dua gol di Leipzig, tempat saya memiliki empat tahun yang hebat, merupakan rasa yang sangat hebat. Sayangnya kami tidak dapat merayakannya bersama para fan,” tutur Warner seperti dilansir Goal. 

Pelatih Jerman Joachim Loew mengaku puas dengan performa anak asuhnya. “Pertandingan itu tidak mudah bagi kami. Semua orang melihat bagaimana Ukraina dapat bermain baik,” kata Loew.***