Polri Terjunkan 2.500 Personel Amankan Ajang World Super Bike di Mandalika

Polri Terjunkan 2.500 Personel Amankan Ajang World Super Bike di Mandalika
Polri mengerahkan 2.500 personel untuk mengamankan ajang World Super Bike (WSBK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November 2021. (antara)

WJtoday, Bandung - Polri mengerahkan 2.500 personel untuk mengamankan ajang World Super Bike (WSBK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November 2021.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto, mengatakan, personel pengamanan itu terdiri dari jajaran Polda NTB dan BKO Brimob. Namun, dia tidak merinci berapa personel yang berasal dari BKO.

"Sekitar 2.500 personel yang melakukan pengamanan," ujar Artanto, Selasa (9/11/2021).

Menurutnya, pola pengamanan akan dilakukan dengan penjagaan tiga ring. Personel Polri sendiri lebih banyak ditempatkan di ring 2 dan 3.

VVenue ring 1 yang bertanggung jawab adalah EO-nya, kami back up saja. Polisi dan stakeholder pengamanan di ring 2 dan 3. Namum, ring 1 polisi tertentu ada di lokasi tersebut," ucapnya.

Untuk diketahui, dalam ajang WSBK nanti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyatakan jumlah penonton hanya sekitar 25 ribu orang. Kursi penonton di kelas festival pun ditiadakan.

Penonton dari luar Pulau Lombok wajib membawa hasil tes swab PCR negatif satu hari sebelum kedatangan. Pemda juga diwajibkan mengatur lokasi, kapasitas tempat, dan jumlah orang pada saat pelaksanaan bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pameran produk, festival kuliner, pertunjukan musik dalam skala kecil, dan pameran komunitas sebagai acara pendamping.

Kebut Fasilitas Pendukung
PT Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association mengebut pengerjaan fasilitas pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk ajang balap World Superbike yang akan digelar dalam dua pekan ke depan yaitu pada 19-21 November.

Kepala Marketing MGPA Aji Aditra Perdana mengungkapkan progres dan gambaran besar kesiapan sirkuit jalan raya pertama di kalender WSBK dan MotoGP tersebut.

"Sampai saat ini persiapan kami dari MGPA, ITDC, dan The Mandalika sudah sampai 98 persen untuk menyambut event internasional pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit," kata Aji, Senin (8/11).

Setelah lintasan utama sirkuit sepanjang 4,3km dengan 17 tikungan itu rampung, pihak pengembang saat ini mengerjakan fasilitas pendukung antara lain pengecatan kerb utama sirkuit, pembangunan Pit Building, finishing Race Control dan Observation Dec, pemasangan Grand Stand atau tribun penonton, serta pengisian fasilitas medis pada Medical Center.

Pengecatan kerb yang berfungsi sebagai marka, menggunakan alat dan cat khusus dari Jerman dan dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track yaitu Roadgrip asal Inggris lewat anak perusahaan mereka yaitu Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) yang menugaskan tenaga spesialis yang telah berpengalaman mengerjakan sejumlah sirkuit dunia seperti Austin, Zandvoort, Yas Marina dan sebagainya.

"Pengecatan kerb dan batas trek sudah kami selesaikan, sedangkan pit building sedang dalam tahap finishing," kata Aji.

Sedangkan area run-off, akan dihiasi dengan motif khusus yang akan menjadi ciri khas Sirkuit Pertamina Mandalika.

Di samping lintasan lurus utama, Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari tiga lantai.  ***