Polres Karawang Periksa 4 Saksi Kasus Keracunan Gas Pabrik di Kutamekar

Polres Karawang Periksa 4 Saksi Kasus Keracunan Gas Pabrik di Kutamekar
Polres Karawang telah memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa keracunan gas pabrik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II yang dialami warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel. (republika)

WJtoday, Karawang - Kepolisian Resor (Polres) Karawang telah memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa keracunan gas pabrik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II yang dialami warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, pada Rabu (14/9).

Kasatreskrim Polres Karawang, AKP Tommy Arif Bastomi mengatakan pihaknya tengah menangani peristiwa keracunan gas pabrik itu. Bahkan pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi.

Untuk sementara ini, sudah ada 4 orang saksi yang diperiksa terkait dengan peristiwa keracunan warga akibat gas pabrik PT Pindo Deli II.

"Keempat orang yang diperiksa itu merupakan manajemen PT Pindo Deli II," ujar Tommy di Karawang, Sabtu (17/9/2022).

Selanjutnya pihak kepolisian setempat akan memeriksa saksi lainnya yang merupakan warga setempat, khususnya mereka yang menjadi korban keracunan gas tersebut.

Ia menyampaikan, di lokasi kejadian pihaknya telah memasang garis polisi. Itu dilakukan sambil menunggu hasil investigasi lapangan dari Puslabfor Mabes Polri. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bakal mengkaji ulang izin pabrik caustic soda milik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills yang sebabkan puluhan warga keracunan. 

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengatakan sudah membahas perihal keracunan gas klorin yang menimpa puluhan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel bersama Bupati Karawang dan Dinas Lingkungan Hidup. 

"Akan kita kaji ulang izinnya. Bupati (Cellica) juga tegas menyampaikan peesoalan ini. Karena kejadian (keracunan akibat kebocoran gas)," kata Aep, Kamis (15/9).  ***