Politisi Gerindra Sebut Ridwan Kamil Kurang Beretika dalam Berpolitik

Politisi Gerindra Sebut Ridwan Kamil Kurang Beretika dalam Berpolitik
Pertemuan Ridwan Kamil dan pasangan Dadang Supriatna-Syahrul di Gedung Pakuan,Minggu lalu.
WJtoday,Bandung - Politisi Partai Gerindra Buky Wibawa menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kurang beretika dalam berpolitik.

Pernyataan keras Buky ini disampaikan menanggapi dukungan secara terbuka yang dilakukan oleh Ridwan Kamil,kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung,Dadang Supriatna dan Syahrul Gunawan.

" Menurut saya ini pelanggaran etika,apalagi dilakukan di rumah dinas gubernur yang seharusnya netral," ungkap Buky,Sabtu (03/10).

Menurut Buky,dalam terminologi Ilmu politik dikenal istilah delegated-trustee. Ketika seseorang maju menjadi kepala daerah,dia mewakili partai politik yang mendukungnya.Namun ketika sudah terpilih,dia bekerja untuk seluruh masyarakat.

Ridwan Kamil dalam posisinya sebagai gubernur harus tahu bahwa dirinya dalam posisi netral.

" Masalah etika ini barang mahal dalam politik sekarang,saya berharap Ridwan Kamil memberi contoh kalau masih ada gubernur yang memegang etika " harap Buky, yang juga menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja Badan Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Bappda)  Gerindra Jabar dan sekretaris Komisi 4 DPRD Jabar.


Ketua OKK Partai Gerindra Jabar Buky Wibawa (Kanan) bersama Ketua Partai Gerindra Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat


Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendukung langkah pasangan calon bupati dan wakil bupati Dadang Supriatna-Syahrul Gunawan dalam ajang Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2020.

Pasangan yang diusung PKB, NasDem, Demokrat, dan PKS serta lima partai non-parlemen, termasuk di dalamnya Partai Perindo itu mengaku semakin optimistis dengan dukungan yang diberikan orang nomor 1 di Provinsi Jabar itu. 

Sikap optimisme tersebut ditunjukkan oleh Dadang Supriatna. Dadang mengaku, bersama pasangannya Syahrul Gunawan, telah bersilaturahmi dengan Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu. Pertemuan yang difasilitasi oleh Partai NasDem Jabar itu dilakukan di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, akhir pekan kemarin.

"Secara pribadi, Kang Emil kan juga diusung NasDem. Beliau sangat respons dan mendukung pasangan Bedas (Bersama Dadang-Syahrul) untuk memenangi pilkada di Kabupaten Bandung," ungkap Dadang di Bandung, Senin (28/9/2020).

Selain menyatakan dukungannya, lanjut Dadang, Kang Emil juga banyak memberikan masukan terkait strategi dan tips untuk meraih kemenangan kepada Bedas dan tim kampanye Bedas. "Banyak tips pemenangan yang diberikan (Kang Emil) berdasarkan pengalaman beliau," katanya.***