Polisi Sebar Foto WN China Terpidana Mati Kasus Narkoba yang Kabur dari Lapas

Polisi Sebar Foto WN China Terpidana Mati Kasus Narkoba yang Kabur dari Lapas
Lapas Klas I Tangerang
WJtoday, Tanggerang - Pengejaran terhadap Warga Negara China terpidana mati Cai Changpan alias Cai Ji Fan alias Antoni masih terus dilakukan. Untuk mempercepat pencarian, Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota menerbitkan poster buronan.

Dalam poster berwarna kuning itu dua foto Cai ditampilkan. Foto pertama terlihat terpidana kasus narkoba itu mengenakan baju tersangka. Sementara pada foto kedua Cai tidak mengenakan baju dengan latar foto berwarna biru.

Poster juga memuat nama Cai, usia, kewarganegaraan, dan kasus yang menjeratnya. Serta juga hukuman bagi pihak yang melindungi napi kabur tersebut.


Masyarakat yang melihat atau memiliki informasi terkait Cai dapat menghubungi Kasatresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota AKBP Pratomo Widodo. Nomor kontaknya tercantum dalam poster itu.

Sebelumnya sempat beredar poster buronan yang menunjukkan uang hadiah sebesar Rp 100 juta bagi yang menemukan Cai. Namun Pratomo memastikan poster itu tidak benar.

"Engga ada hadiahnya. Kita apresiasi saja. Yang benar yang baru saya bagikan," kata Pratomo.


Poster baru dibuat kemarin malam. Saat tengah disebarkan ke berbagai tempat.

Cai terjerat kasus narkoba. Dia divonis mati pada tahun 2017 oleh PN Tangerang atas kepemilikan sabu.

Ia kabur dari Lapas Klas I Tangerang pada 18 September 2020 dengan cara menggali lubang dalam selnya hingga menembus ke gorong-gorong di luar lapas. 

Lubang itu memiliki panjang 30 meter dan dapat dilalui satu orang. Cai diperkirakan membutuhkan waktu 20 menit untuk menelusuri lubang yang ia buat.

Usai keluar dari Lapas, Cai sempat mampir ke warung di dekat Lapas untuk membeli rokok. Selain juga menemui istrinya di Bogor.

Sejumlah saksi telah diperiksa termasuk petugas Lapas yang berjaga saat Cai kabur.***