Polisi Proses Laporan Penghinaan McDanny Terhadap Habib Rizieq

Polisi Proses Laporan Penghinaan McDanny Terhadap Habib Rizieq

WJtoday, Bandung - Polisi mulai mendalami laporan terkait video koar-koar Danny Jaya Whardana atau McDanny yang dinilai menghina eks Ketua FPI Habib Rizieq Shihab, mengandung unsur kebencian dan penistaan agama.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung mengaku, pihaknya telah menerima laporan polisi tersebut dan akan menindaklanjutinya dengan penyelidikan

"Sudah kita terima, dan kita lakukan penyelidikan," kata Aswin, Rabu (20/10/2021).

Meski begitu, Aswin belum bisa memastikan apakah pihaknya akan memanggil McDanny untuk diperiksa penyidik atau tidak. Dia hanya memastikan bahwa laporan tersebut sudah diproses dan hasilnya akan segera disampaikan.

"Kita sudah proses, Besok akan disampaikan perkembangannya," singkat Aswin.

Senada dengan Kapolrestabes Bandung, Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Trihandoyo juga belum bisa memastikan pemanggilan McDanny.

Pihaknya mengaku, tengah mendalami laporan polisi yang disampaikan organisasi masyarakat Pembela Kesatuan Tanah Air (Pekat). Dia hanya menyebut, pemeriksaan McDanny merupakan hal teknis.

"Ya itu teknis, kita dalami dulu untuk upaya teknis (penyelidikan) ke depan," katanya.

Diketahui, McDanny dilaporkan Pekat kepada Satreskrim Polrestabes Bandung. Pengaduan itu tertuang dalam surat bernomor STPB/335/X/2021/JBR/POLRESTABES.

McDanny dilaporkan ke polisi gara-gara perkataannya yang dinilai mengandung unsur kebencian dan penghinaan. Bahkan, ucapan McDanny dianggap telah merusak moral bangsa.

Dalam video yang viral tersebut, McDanny yang diduga berada di sebuah klub malam mengucapkan kata-kata dan kalimat yang menyinggung umat Islam.

Sambil joget-joget ditemani seorang disk jokey (DJ) perempuan, McDanny berkoar-koar menyinggung perempuan berhijab yang diduga berada di depannya.

"Thanks banget untuk cewek-cewek berkerudung di sini, lo asik banget, kita ketemu di neraka," tutur McDanny.

Bahkan, McDanny pun sempat menyinggung sekaligus menghina nama eks Ketum FPI, Habib Riziek Shihab."F*c* H*b*b Rizieq. A*ji*g kalau ada polisi gua kena nih," lanjut dia.

Tidak hanya itu, sambil mengucapkan permintaan maaf atas kata-kata yang sebelumnya diungkapkan, McDanny juga sempat menyebut bir yang menurutnya lebih halal dibandingkan narkotika jenis sabu.

"Sorry, sorry, baru minum bir di Roots mah halal, lebih halal dari sabu," kata McDanny.

Video yang viral tersebut bahkan sempat menjadi perbincangan netizen dan trending di Twitter. Dengan hastag #TangkapMcDanny, mereka ramai-ramai meminta McDanny ditangkap atas perkataannya itu.***