Polisi Dijadwalkan Periksa 6 Saksi Kasus Prostitusi Online Hari Ini!

Polisi Dijadwalkan Periksa 6 Saksi Kasus Prostitusi Online Hari Ini!
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Ardimulan Chaniago
WJtoday, Bandung - Penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) dijadwalkan akan periksa enam orang saksi terkait kasus prostitusi online, Rabu (30/12).

Keenam 'anak asuh' MR alias Mami Alona yang terdiri dari artis, model, pramugari, pegawai bank, dan selebgram itu belum memberi konfirmasi bakal hadir atau tidak di Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Para saksi yang sedianya diperiksa hari ini tersebut antara lain, SAS, SC, DL, MC, A, dan V. Mereka diduga pernah 'dijual' oleh Mami Alona melalui situs BM yang dikelola tersangka AH dan RJ.

"Memang penyidik menjadwalkan hari ini beberapa artis, selebriti, pramugari dan pegawai swasta. Namun, sampai saat ini kami masih menunggu." kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Ardimulan Chaniago, saat ditemui di Mapolda, Rabu (30/12).

Namun menurut Erdi, hingga saat ini belum ada yang mengonfirmasi untuk hadir dalam pemeriksaan. Jika hari ini mereka tak datang, penyidik akan melakukan pemanggilan ulang. 

"Kalau tidak hadir hari ini, kami akan panggil lagi. Sesuai aturan panggil kedua kali, ditanya alasannya. Kalau (alasaannya masuk akal) ya kami panggil lagi," ujar Kombes Pol Erdi. 

Artis berinisial TA diamankan penyidik Subdit V Tim Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimum) Polda Jabar di sebuah hotel di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/12/2020). 

TA diduga terlibat kasus prostitusi online. Saat diamankan, TA sedang berada di kamar dengan seorang pria. Namun, belum diketahui, apakah saat ditangkap TA telah melakukan hubungan intim atau belum.

Diketahui, TA merupakan artis, foto model majalah dewasa. Selain itu, TA juga pernah berakting di sejumlah sinetron. TA tiba di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 18.30 WIB. 

Kasubdi V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar Kompol Reonald Simanjuntak mengatakan, penanngkapan terhadap TA dilakakan setelah penyidik mengamankan empat orang terkait prostitusi online.

"Jadi gini, barusan kami dari Siber Ditreskrimsus Polda Jabar mengamankan seorang wanita berinisial TA dari sebuah hotel di Bandung. Di mana ini (penangkapan) adalah hasil dari runtutan dari empat tersangka lain yang sudah kami amankan sebelumnya, saya kira itu dulu biarkan kami bekerja dan kami akan beritahukan perkembangan lebih lanjut," kata Kompol Reonald di Gedung Ditreskrimsus Polda Jabar, Kamis (17/12/2020) malam.

Kompol Reonald mengemukakan, TA ini profesinya baru artis, selebgram, dan model. "Soal dugaan keterlibatan kasus apa, nanti, kami periksa dulu yang bersangkutan (TA) sebagai saksi. Nah dari empat orang, tiga adalah perannya sebagai muncikari. 

Satu orang lagi merupakan suami dari satu mucikari yang diamankan," ujar Kompol Reonald. Disinggung apakah TA diamankan terkait kasus prostitusi? Reonald menjawab singkat, iya. "Iya (terkait kasus prostitusi online). Saya kira itu dulu," tuturnya.

Tiga mucikari yang diamankan terlebih dulu, kata Kompol Reonald, ditangkap di Kota Medan, Jakarta, dan Bogor. 

"Untuk TA diamankan tadi di salah satu hotel di Bandung. Pokonya salah satu hotel di Bandung," kata Kompol Reonald. Saat diamankan, ujar dia, TA sedang berada di kamar dengan seorang pria. 

Setelah diperiksa selama dua hari satu malam, artis TA dibebaskan. Status TA sebagai korban prostitusi online yang dijalankan oleh tersangak AH, RJ, dan MR alias Mami Alona.***