Polda Jabar Selidiki Kebakaran Kilang Minyak Balongan Indramayu

Polda Jabar Selidiki Kebakaran Kilang Minyak Balongan Indramayu
Kebakaran Kilang Minyak PT Pertamina
WJtoday, Indramayu - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) bergerak cepat untuk memastikan penyebab pasti kebakaran hebat yang melanda Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan yang berlokasi di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jabar itu, terbakar sejak Senin (29/3/2021) dini hari. 
Kebakaran terjadi di tiga unit tank 42 T 301 A, B, dan C. Tanki yang terbakar adalah tangki yang dipakai untuk menampung bagan bakar minyak (BBM) jenis premium.
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Ardimulan Chaniago menyatakan, Polda Jabar bakal segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk menyelidiki penyebab kebakaran jika api sudah berhasil dipadamkan. 
"Kita berharap dari pihak pertamina sedang bekerja keras melakukan pendinginan. Kalau sudah padam baru dilakukan olah TKP," ujar Erdi, Senin (29/3/2021).
Erdi mengakui, pihaknya banyak menerima informasi terkait penyebab kebakaran tersebut. Meski begitu, dia memastikan, bersama Pertamina, pihaknya segera melakukan penyelidikan, agar penyebab pasti kebakaran terungkap.
"Kita selidiki. Memang banyak hal info yang kita dapatkan. Kita akan selidiki bersama Pertamina, apakah ada kebocoran atau akibat dari petir. Setelah olah TKP baru kita ketahui," katanya.
Lebih lanjut Erdi mengatakan, sejak awal kebakaran terjadi, pihaknya langsung melakukan pengamanan di TKP dan sekitarnya. Di pun memastikan, langkah pengamanan bakal terus dilakukan hingga api benar-benar padam dan tidak menyebar ke lokasi lain.
"Dari sejak awal, tadi malam kita melakukan pengamanan di TKP dan sekitar TKP Ini menyangkut kebakaran kilang minyak yang tidak bisa diprediksi, apakah bisa dipadamkan dalam waktu cepat atau mungkin menyebar ke tempat lain," katanya.
Selain pengamanan, lanjut Erdi, polisi dibantu aparat pemerintah setempat juga telah melakukan evakuasi warga di sekitar lokasi kebakaran ke tempat yang lebih aman. Dia memastikan bahwa seluruh warga yang telah dievakuasi kini telah berada di tempat yang lebih aman. Pihaknya mengerahkan jajaran Polres Indramayu, termasuk personel Brimob dari Cirebon dalam proses evakuasi tersebut.
Erdi menambahkan, Kapolda Jabar, Irjen Ahmad Dofiri pun telah berada di lokasi kebakaran untuk memastikan penanganan berjalan lancar sekaligus menenangkan warga yang terdampak peristiwa itu. 
"Warga sudah diungsikan ke tempat lebih aman, terutama di pendopo bupati. Pak Kapolda menemui mereka untuk memberikan ketenangan, jangan panik dan lain-lain," katanya.***