PM Selandia Baru Positif Covid-19

PM Selandia Baru Positif Covid-19
PM Selandia Baru Positif Covid-19

WJtoday, Selandia Baru - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern dinyatakan positif Covid-19. 

"Perdana Menteri mengalami gejala sedang, dan akan diisolasi di rumah selama tujuh hari," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP, Sabtu (14/5/2022).

Ardern telah diisolasi sejak pekan lalu, ketika pasangannya, Clarke Gayford dinyatakan positif.

Selandia Baru memberlakukan salah satu pendekatan paling ketat di dunia untuk mengelola wabah awal covid-19 pada 2020. Jumlah kematiannya 892 kasus, tetap termasuk yang terendah di antara negara maju.

Namun, angka covid-19 mereka mengalami lonjakan sejak pembatasan mulai dilonggarkan pada Maret kemarin. Angka kasus positif yang tercatat selama sepekan terakhir mencapai 50 ribu.

Pernyataan itu mengatakan, pengaturan Ardern untuk misi perdagangannya yang akan datang ke Amerika Serikat tidak terpengaruh.

Rincian perjalanan masih harus dikonfirmasi, meskipun dia dijadwalkan untuk menyampaikan pidato pembukaan di Universitas Harvard pada 26 Mei.

Ardern tidak akan hadir di parlemen untuk dua pengumuman penting dalam negeri, yaitu rilis rencana pengurangan emisi pemerintah pada Senin dan pembukaan anggaran tahunan pada Kamis depan.

"Ini adalah minggu tonggak sejarah bagi pemerintah dan saya sedih saya tidak bisa berada di sana untuk itu," ucap Arern.

Rencana pengurangan emisi, kata Ardern, menetapkan jalan untuk mencapai tujuan nol karbon. Dan anggaran membahas masa depan jangka panjang dan keamanan sistem kesehatan Selandia Baru.

"Tetapi seperti yang saya katakan awal pekan ini, mengisolasi diri dengan covid-19 adalah pengalaman yang 'sangat Kiwi' tahun ini dan keluarga saya tidak berbeda," sambungnya.

Ardern pun membagikan foto tes positifnya di Instagram.***