Pledoi Rizieq Shihab: Airlangga dan Ahok Juga Rahasiakan Positif Covid-19

Pledoi Rizieq Shihab: Airlangga dan Ahok Juga Rahasiakan Positif Covid-19
Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021)/ (tribunnews.com)

WJtoday, Jakarta - TERDAKWA Rizieq Shihab membacakan nota pembelaan atau pleidoi sebagai terdakwa perkara penyebaran kabar bohong tes swab virus corona di RS Ummi, Bogor dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021).

Rizieq menyinggung sejumlah pejabat publik seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang sempat merahasiakan pernah terinfeksi virus corona (Covid-19) kepada publik.

"Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto merahasiakan dirinya kena covid pada tahun 2020, dan Komisaris Utama Pertamina Ahok juga merahasiakan dirinya sekeluarga terkena covid," sebut Rizieq.

Dia kemudian menyinggung pernyataan anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay pada 22 Januari 2021 yang mengatakan tidak ada kewajiban seorang pasien positif Covid-19 harus mengumumkan dirinya terpapar.

Baca juga: Baca Pledoi Kasus Tes Swab, Habib Rizieq Singgung Kasus Ahok hingga Kasus Air Keras Novel Baswedan

Tak hanya itu, ia juga mengungkit pernyataan Presiden Joko Widodo pada 3 Maret 2020 yang mengatakan agar rumah sakit tak membuka data pasien yang dirawat karena virus corona. Jokowi, kata dia, menyebut bahwa hal itu merupakan hak-hak pribadi pasien yang harus dijaga.

Berdasarkan penjelasan tersebut itu, Rizieq membantah tuntutan jaksa soal informasi dirinya menutupi pernah terinfeksi covid-19. Ia tak terima dituntut 6 tahun penjara dalam perkara tersebut.

"Jadi tidak benar tuduhan JPU dalam tuntutannya halaman 22 pada dakwaan ketiga bahwa pengisian general consent (persetujuan umum) dan penandatanganan oleh saya di RS Ummi adalah berarti 'dengan kehendak terdakwa dan dengan sengaja bertujuan menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah'," ujarnya.

Sebagai informasi,  Airlangga sempat dinyatakan positif  terpapar Covid-19 pada 2020 lalu. Namun kala itu Airlangga tak mengumumkannya kepada publik. Airlangga baru diketahui sudah pernah terinfeksi corona saat mendonorkan plasma konvalesen pada pertengahan Januari 2021. 

Sedangkan Ahok juga sempat merahasiakan saat terkena covid sekeluarga. Ia berdalih  neneknya kaget mendengar kabar dirinya terpapar covid-19.  ***