Piala Sudirman 2020: Indonesia Jadi Juara Grup C

Piala Sudirman 2020: Indonesia Jadi Juara Grup C
Pasangan Praveen/Melati jadi penentu kemenangan Indonesia 3-2 atas Denmark di penyisihan Grup C Piala Sudirman 2020, Rabu 29/9/2021 malam WIB. (dok pbsi)

WJtoday, Bandung  - Laga grup C Sudirman Cup 2020 resmi berakhir pada Rabu (29/9/2021) malam dengan posisi berturut-turut Indonesia, Denmark, Rusia, dan Kanada. Posisi Indonesia di puncak klasemen Grup C tersebut sekaligus memberikan tiket timnas Indonesia ke perempat final.

Partai penentu perebutan pemuncak Grp C berlangsung sengit dan ketat antara Tim Garuda berhadapan dengan tim kuat Eropa Denmark, pada Rabu (29/9) malam, di Energia Areena, Vantaa, Finlandia.

Dalam laga tersebut, Indonesia berjaya di sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Skor akhir 3-2 untuk Merah-Putih.

Kemenangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, ‘The Minions’ atas pasangan Mads Pieler Kolding/Frederik Søgaard datang sebagai hasil pertandingan yang sengit di pertandingan pertama. Kolding/Søgaard semula tertinggal dari Marcus/Kevin, tetapi berhasil menyamakan kedudukan dengan skor pertama mereka, lalu memimpin. Namun, Marcus/Kevin mengukuhkan kemenangan Indonesia di set pertama. 

Pertandingan juga berlangsung sengit pada set kedua, tetapi berakhir dengan kemenangan Marcus/Kevin 21-15. Pertandingan berakhir dengan hasil 21-19, 21-15. Kemenangan tersebut membuat Indonesia menang 1-0 dari Denmark.

Sayangnya, Putri Kusuma Wardani yang mewakili Indonesia di sektor tunggal putri harus mengakui keunggulan wakil Denmark Mia Blichfeldt. Dalam tiga set yang berlangsung selama 54 menit, Putri hanya berjaya di set kedua.  Kedudukan menjadi imbang 1-1.

Indonesia harus mengakui keunggulan Denmark dalam sektor tunggal putra. Hasil dari pertandingan dua set selama 52 menit menyaksikan wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting tunduk pada Anders Antonsen dengan skor 9-21, 15-21. Posisi berbalik, Denmark unggul 2-1.

Indonesia berhasil menyamakan kedudukan dengan Denmark 2-2 lewat kejayaan sektor ganda putri. Pasangan ganda putri juara Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menundukkan pasangan Maiken Fruergaard dan Sara Thygesen dengan skor 21-17, 21-9 dalam pertandingan sepanjang 40 menit.

Denmark pada akhirnya harus mengakui keunggulan Indonesia atas seluruh kontestan di Grup C Sudirman Cup 2020. Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil mengalahkan pasangan ganda campuran Denmark Mathias Thyrri/Amalie Magelund dalam pertandingan selama 33 menit dalam 2 set. Kemenangan Praveen/Melati membuat Indonesia menaklukkan Denmark 3-2.  ***