Petronas Yamaha SRT Duetkan Rossi dengan Dovizioso

Petronas Yamaha SRT Duetkan Rossi dengan Dovizioso
Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso. (twitter)

WJtoday, Bandung - Pembalap Tech3 Danilo Petrucci berterima kasih kepada Maverick Vinales yang memiliki peran dalam duet Valentino Rossi dengan Andrea Dovizioso di tim Petronas pada MotoGP 2021.

Direktur Yamaha Lin Jarvis mengatakan Dovizioso hampir pasti ke tim berlambang garpu tala itu dan bisa mulai balapan di MotoGP San Marino. Melihat kondisi itu, Petrucci girang dan berterima kasih kepada Vinales.

"Saya senang untuk Andrea, dia kembali ke motor yang ingin dia kendarai [MotoGP] dengan pola yang nyata," ujar Petrucci dikutip dari Corriere dello Sport, Senin (30/8/2021).

"Saya pikir, saya harus berterima kasih kepada Vinales dan perilakunya, karena jika tidak, saya pikir itu tidak akan terjadi," ucap Petrucci menambahkan.

Langkah tersebut diambil karena Franco Morbidelli akan direkrut tim pabrikan Yamaha. Morbidelli 'naik kelas' setelah Yamaha dan Maverick Vinales bersepakat berpisah pada pertengahan musim ini.

Sebelum perpisahan itu Vinales kerap dilaporkan berselisih dengan Yamaha. Momen puncak pertengkaran itu ketika Yamaha menghukum Vinales larangan satu balapan di MotoGP Austria 2021.

Kekosongan posisi pembalap pada tim satelit Petronas membuat pihak Yamaha berpikir keras mencari pengganti. Nama Dovizioso mengemuka setelah mantan pembalap Ducati itu jadi pembalap penguji di Aprilia.

Musim ini akan jadi yang kedua bagi Dovizioso kembali mengendarai motor Yamaha setelah musim 2012. Pada saat itu, Dovizioso tergabung dalam tim Tech3 dan menempati posisi keempat di klasemen akhir.

"Sekarang dia sudah kembali bersama Yamaha, dan saya pikir dia bisa melaju dengan sangat baik," tutur Petrucci.  ***