Petinju Manny Pacquiao Akan Maju Sebagai Calon Presiden Filipina

Petinju Manny Pacquiao Akan Maju Sebagai Calon Presiden Filipina
Lihat Foto

WJtoday, Filipina - Petinju Filipina yang kini menjadi politisi, Manny Pacquiao menyatakan bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2022, Minggu 19 September 2021. Pengumuman ini mengakhiri spekulasi berbulan-bulan tentang apakah petinju legendaris itu akan bertanding merebut kursi orang nomor satu di Filipina.

"Sekarang waktunya, kami siap untuk hadapi tantangan kepemimpinan. Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring," kata Pacquiao, yang saat ini menjabat sebagai anggota parlemen seperti dilansir CNA, Senin (20/9/2021).

Juara tinju dunia di delapan kelas berbeda, dan pahlawan nasional yang dicintai rakyat Filipina itu membuat pengumuman pencalonan dirinya setelah Senator Christopher "Bong Go" maju sebagai calon presiden. 

Pacquiao, yang memasuki dunia politik pada 2010 sebagai anggota kongres sebelum terpilih menjadi anggota Senat, telah lama diperkirakan akan menduduki jabatan tertinggi di negara itu. Petinju berusia 42 tahun ini sangat dikagumi di negaranya, karena kemurahan hatinya dan mengangkat dirinya keluar dari kemiskinan untuk menjadi salah satu petinju terbesar dan terkaya di dunia.

Reputasi tinjunya, dan visinya untuk memerangi kemiskinan dan korupsi kemungkinan akan menjadi tema utama kampanyenya.

Kekuatan bintang Pacquiao di negara yang terkenal dengan politik, yang terobsesi dengan selebriti, akan menempatkannya pada posisi yang kuat dalam pemilihan presiden. Tapi itu tidak akan menjamin kemenangan.

Pacquiao kerap mencela korupsi di pemerintahan dan menyinggung "hubungan nyaman" antara Presiden Rodrigo Duterte dengan China. Duterte, yang hanya diperbolehkan menjabat satu kali masa jabatan sebagai presiden di bawah konstitusi, akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Sebuah faksi partai yang setia kepada Duterte mendukung pembantu dekat Duterte, Senator Christopher Lawrence "Bong" Go, untuk jabatan sebagai presiden. Pacquiao akan menghadapi lawan yang tangguh jika putri Duterte, Sara, mencalonkan diri sebagai presiden, yang diperkirakan akan dia lakukan.

Batas waktu untuk mendaftar sebagai calon untuk pemilihan tahun depan adalah 8 Oktober.***