Persija Tumbangkan Persib 2-0 di Leg Pertama Piala Menpora 2021

Persija Tumbangkan Persib 2-0 di Leg Pertama Piala Menpora 2021

Westjavatoday - Persija Jakarta membuka peluang menjadi juara pada Piala Menpora 2021 setelah sukses menumbangkan Persib Bandung dengan skor 2-0 pada leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4/2021). 

Dalam laga ini pelatih Persija Sudirman membuat kejutan dengan melakukan beberapa perubahan. Di barisan belakang, Sudirman mengganti duet Otavio Dutra-Yann Motta dengan Maman Abdurrahman-Tony Sucipto.

Selain itu Sudirman juga mencadangkan Marko Simic dan memasang pemain muda Taufik Hidayat sebagai ujung tombak. Gelandang andalan Shin Tae-yong di Timnas U-19, Braif Fatari, juga diberikan kesempatan untuk tampil sebagai starter.

Laga belum berjalan satu menit, Persija berhasil unggul berkat sontekan Braif Fatari.

Hanya berselang lima menit, Persija yang memang langsung mengambil inisiatif serangan berhasil menggandakan keunggulannya. Kali ini giliran Taufik Hidayat yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan mendatar dari Riko Simanjuntak.

Tertinggal dua gol saat laga belum genap berlangsung 10 menit membuat pemain Persib kesulitan mengembangkan permainannya.

Duet Marc Klok dan Rohit Chand sanggup menutup setiap aliran serangan yang dibangun Persib. Pergerakan Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak dari kedua sisi sayap Persija juga kerap merepotkan pertahanan Maung Bandung.

Memasuki babak kedua, pelatih Persib Robert Alberts melakukan perubahan besar-besaran dengan mengganti tiga pemainnya. Farshad Noor yang tidak berkembang di babak pertama digantikan oleh Dedi Kusnandar, lalu Abdul Aziz yang sempat mendapat perawatan di akhir babak pertama juga ditarik keluar dan digantikan oleh Beckham Putra.

Robert Alberts juga memasukkan Esteban Vizcarra menggantikan Febri Hariyadi yang di babak pertama kesulitan menembus sisi kanan pertahanan Persija yang dikawal Marco Motta. Perubahan yang dilakukan Robert cukup berhasil.

Di 15 menit awal babak kedua Persib mulai bisa mengembangkan permainan dan mulai menekan pertahanan Persija. Namun, beberapa upaya yang dibangun lewat Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, dan Wander Luiz belum berhasil.

Melihat strateginya mulai berjalan baik, Robert Alberts kembali memasukkan pemain depan yaitu Ferdinand Sinaga untuk menggantikan Frets Butuan. Pelatih Persija Sudirman langsung melakukan kontra strategi dengan bermain sedikit bertahan dengan menarik Klok sedikit ke dalam untuk membantu duet bek Persija, Maman Abdurrahman dan Tony Sucipto yang mulai keteteran dengan gelombang serangan anak-anak Bandung.

Memasuki 10 menit terakhir, Sudirman memutuskan untuk menarik salah satu pemain kuncinya Marc Klok dan memasukkan pemain dengan tipikal serupa, Sandi Sute. Persija juga memilih bermain bertahan dengan menumpuk para pemainnya di lini belakang.

Persija mengandalkan serangan balik dengan memanfaatkan kecepatan Riko dan Osvaldo di sisa laga. Sementara itu Persib terus berupaya mencari gol untuk menipiskan kedudukan namun tidak berhasil hingga wasit Fariq Hitaba meniup peluit panjang.

Dengan kemenangan ini, Persija hanya butuh hasil imbang untuk meraih gelar juara. Sementara Persib minimal harus menang dengan skor 3-0 atau unggul 2-0 untuk memaksakan laga berlanjut ke adu penalti.

SUSUNAN PEMAIN :

Persija: Andritany Ardhiyasa (C); Marco Motta, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto; Marc Klok (Alfriyanto Nico,79'), Rohit Chand; Braif Fatari (Sandi Sute,79'), Osvaldo Haay, Novri Setiawan (Alfath Faathier,29'), Riko Simanjuntak; Taufik Hidayat (Marko Simic,63')

Pelatih: Sudirman

Persib: I Made Wirawan; Supardi Nasir (C) (Erwin Ramdani,88'), Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus (Bayu Fiqri,87'); Frets Butuan (Ferdinand Sinaga,67'), Farshad Noor (Dedi Kusnandar,46'), Abdul Aziz (Beckam Putra,46'); Febri Hariyadi (Esteban Vizcarra,46'), Ezra Walian, Wander Luiz

Pelatih: Robert Alberts. ***