Persija ke Final Piala Menpora 2021 Usai Menang Adu Penalti vs PSM

Persija ke Final Piala Menpora 2021 Usai  Menang Adu Penalti vs PSM
Persija Jakarta (instagram Persija)

Wjtoday, Jakarta – Hasil pertandingan Persija vs PSM dalam semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu (18/4/2021) berakhir dengan skor 4-3. 

Persija Jakarta menang adu penalti atas PSM Makassar 4–3 dalam pertandingan leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 yang digelar di Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah.

Dalam pertandingan leg kedua yang disiarkan secara langsung oleh Indosiar, skor tanpa gol bertahan hingga waktu reguler 2 x 45 menit selesai.

Skor serupa juga terjadi dalam pertandingan semifinal pertama di Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta, pada 15 April lalu. Dengan demikian, skor agregat dua leg adalah 0–0, sehingga pemenang yang berhak melaju ke final harus ditentukan melalui adu penalti.

Macan Kemayoran pada akhirnya berhasil melangkah  ke final setelah kiper Andritani Ardhiyasa berhasil menepis tendangan kapten PSM Zulkifli Syukur, yang merupakan tendangan penalti kedelapan bagi PSM.

Dari Persija, eksekutor penalti yang sukses menjalankan tugas adalah Rohit Chand, Yann Motta Pinto, Marc Klok, dan Tony Sucipto, sedangkan yang gagal adalah Marko Simic, Novri Setiawan, Sandi Darma Sute, dan Riko Simanjuntak.

Dari PSM, tiga eksekutor penalti yang sukses menjalankan tugasnya adalah Hasyim Kipuw, Rasyid Bakri, dan Sutanto Tan. Sedangkan eksekutor yang gagal, selain Zulkifli, adalah Abdul Rachman, Yacob Sayuri, Zulham Zamrun, dan Saldi Amiruddin.

Setiap tim melakukan eksekusi hingga delapan tendangan, karena hingga masing-masing tim melakukan lima tendangan, skor 3–3.

Pertandingan final dijadwalkan digelar pada 25 dan 28 April. Leg pertama berlangsung di Stadion Maguwoharjo, sedangkan laga leg kedua digeber di Stadion Manahan.

Di final Persija akan menghadapi pemenang laga semifinal dua leg antara Persib Bandung dan PS Sleman.

Diketahui Persib berada di posisi yang lebih baik daripada PSS, karena Maung Bandung telah memenangkan pertandingan leg pertama semifinal 2–1 atas PSS di Stadion Maguwoharjo dan leg kedua dijadwalkan digelar di Stadion Manahan pada Senin (19/4/2021) malam.

 Susunan Pemain PSM vs Persija

PSM Makassar (4-4-2): Hilmansyah; Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rahman; Rasyid Bakri, M. Arfan, Sutanto Tan, Rizky Eka Pratama; Patrich Wanggai, Yakob Sayuri. Cadangan: Syaiful, Ahmad Hari, Saldy, Muh Rifky, Renaldi, Zulham Zamrun, Yance Sayuri, Aji Kurniawan, Muh Fahri, M Farhan

Persija Jakarta (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Otavio Dutra, Yann Motta, Novri Setiawan, Alfath Faatier; Tony Sucipto, Marc Klok, Rohid Chand; Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Marko Simic.

Cadangan: Adixi Lenzivio, Yoewanto Setya Beni, Maman Abdurrahman, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Salman Alfarid, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Heri Susanto, Alfriyanto Nico.

Pencetak Gol Persija: Rohid Chand, Yann Motta, Marc Klok, dan Tony Sucipto.

Pencetak Gol PSM: Hasim Kipuw, Rasyid Bakri, dan Sutanto Tan. ***