Persib Bandung Nantikan Gelaran Turnamen Pramusim Sebelum Liga 1

Persib Bandung Nantikan Gelaran Turnamen Pramusim Sebelum Liga 1
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono
WJtoday, Bandung - Manajemen Persib Bandung, sangat menantikan digelarnya turnamen pramusim sebelum bergulir kompetisi Liga 1 2021, karena ada banyak hal positif yang bisa didapat.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, turnamen pramusim bisa menjadi ajang pemanasan bagi klub sebelum tampil di kompetisi.

Pasalnya, pemain sudah lama tidak merasakan atmosfer pertandingan resmi, setelah kompetisi Liga 1 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret lalu, karena pandemi Corona.

"Sebaiknya ada turnamen sebelum liga. Karena ada puasa dan hari raya juga, jadi harus diperhitungkan baik-baik," kata Teddy.

Sebelumnya, pelatih Persib, Robert Rene Alberts juga mengatakan ada banyak manfaat dari digelar turnamen pramusim, diantaranya untuk ajang pemanasan bagi setiap klub peserta sebelum mengarungi kompetisi. 

Selain itu, turnamen bisa dijadikan ajang simulasi penerapan protokol kesehatan dalam pertandingan di tengah pandemi Corona.

"Saya pikir klub bisa mengatur sendiri dalam menggelar kompetisi atau turnamen skala kecil dan menggelarnya di stadion kosong, sekaligus untuk mengetahui bagaimana penerapan prosedur di Liga ketika pertandingan digelar tanpa penonton," kata Robert Alberts.

Dari turnamen pramusim tersebut, bisa dilihat kesiapan klub maupun panitia pelaksana (Panpel) pertandingan, sebelum Liga 1 2021 digelar. Sehingga, saat kompetisi bergulir semuanya bisa berjalan dengan maksimal.

"Karena itu menjadi jaminan seperti yang terjadi di Eropa, anda tidak bisa menggelar pertandingan jika orang-orang tetap datang ke Stadion," jelas Robert Alberts.

Sementara itu, Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan pihaknya akan menggelar turnamen pramusim sebelum kick-off Liga 1 2021. Kegiatan itu dinilai cukup penting sebagai pemanasan dan persiapan klub peserta Liga 1 setelah hampir setahun tak bertanding.

Kepastian itu diputuskan setelah PSSI melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi pada Kamis (4/2/21) petang. Namun, belum diketahui kapan kejuaraan tersebut digelar.***