PON XX PAPUA

Perolehan Medali PON: Masih Teratas, Jabar Koleksi 108 Emas

Perolehan Medali PON: Masih Teratas, Jabar Koleksi 108 Emas
Ilustrasi (pam)

WJtoday, Bandung - Kontingen Jawa Barat masih kokoh bercokol di puncak perolehan medali sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Sementara Jawa Timur dan DKI masih menguntit di urutan belakangnya.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga Selasa (12/10/2021) petang, Tim Bumi Parahyangan sejauh ini berhasil mengoleksi 108 medali emas, 87 perak, dan 97 perunggu.

Kontingen Jawa Timur masih juga kuat bertahan di posisi kedua dengan koleksi 97 medali emas, 79 perak, dan 70 perunggu. Sedangkan posisi ketiga DKI dengan raihan 89 emas, 74 perak, 85 medali perunggu. 

Sebanyak 29 dari total 37 cabang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah selesai diselenggarakan sejak pertandingan perdana pada Rabu (22/9) hingga Senin (11/10).

Berdasarkan laporan panitia pelaksana PON XX Papua pertandingan muaythai wushu, futsal, bisbol, sepatu roda dan judo memulai penutupan penyelenggaraan cabang olahraga pada Minggu (3/10).

Sementara cabang lainnya yang juga dilaporkan telah selesai dihelat di antaranya polo air, canoeing, senam artistik, kriket, binaraga, taekwondo, renang perairan terbuka, terbang layang dan gantole.

Di antara juara-juara yang menyabet medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, khususnya cabang olahraga pencak silat, barangkali hanya duet Hanifan Yudani Kusumah dan Pipiet Kamelia yang paling mesra sekaligus paling berbahagia.

Bagaimana tidak mesra, kedua atlet ini adalah juga pasangan suami istri, dan dua-duanya tampil di atas gelanggang pencak silat PON XX. Baik Hanifan maupun Pipiet sama-sama meraih medali emas usai mengalahkan lawan-lawannya dalam ajang kompetisi olahraga terbesar di negeri ini.

Hanifan Yudani Kusumah adalah atlet silat dari kontingen Jawa Barat, sedangkan Pipiet Kamelia sang istri, unjuk gigi mewakili DKI Jakarta. Meski membela daerah yang berbeda, mereka kompak saling memberikan dukungan ketika salah satu dari mereka tengah bertanding.  ***


Klasemen 15 Besar Perolehan Medali PON XX Papua 2021