PON XX PAPUA

Perolehan Medali PON: Jabar Mulai Tinggalkan Jatim dan DKI

Perolehan Medali PON: Jabar Mulai Tinggalkan Jatim dan DKI
Ilustrasi (antara)

WJtoday, Bandung - Hingga seminggu berlangsung Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Papua 2021, kontingen Jawa Barat (Jabar) untuk sementara masih memimpin klasemen perolehan medali.

Dari data yang dipantau hingga Minggu (10/10/2021) sore ini, Jabar berada di urutan pertama dengan berhasil mengumpulkan 83 medali emas, 66 perak, dan 72 perunggu. Selisih medali emas Kontingen Jabar dengan urutan di bawahnya kini berjumlah 13 medali.

Posisi kedua ditempati Provinsi Jawa Timur yang mengoleksi 70 medali emas, 61 perak, dan 56 perunggu. Menyusul berikutna kontingen DKI Jakarta dengan raihan 69 emas, 57 perak, dan 71 perunggu.

Tuan rumah Papua yang pada hari-hari awal sempat mengejutkan dengan bercokol di posisi kedua klasemen, kini berada di urutan keempat dengan koleksi 61 medali emas, 33 medali perak, dan 61 perunggu.

Medali emas diborong oleh Jabar di cabang olahraga dayung nomor Traditional Boat Race (TBR) atau perahu naga 1.000 meter PON XX Papua, untuk kategori putra dan putri. 

Kemenangan di final perahu naga yang dipertandingkan di teluk Youtefa, Kota Jayapura, disebut sebagai buah dari ketekunan berlatih yang dijalani tim Jawa Barat dalam 2 tahun terakhir.

Tim biliar Jabar masih harus mengejar perolehan dua medali emas dari sisa 10 nomor pertandingan agar bisa memenuhi target tiga medali dari ajang PON Papua yang berlangsung pada 3-14 Oktober.

Memasuki pekan kedua biliar, Jabar baru mengamankan satu medali emas dalam perebutan di babak final bola 10 ganda putri hari Jumat (8/10).

"Target emas biliar dari PON dapat tiga medali. Kami masih ada 10 nomor pertandingan yang akan diikuti, semoga bisa menutupi target dari nomor-nomor ini," kata pelatih tim biliar Jawa Barat, Mochamad Ujang Saefudi di Timika, Minggu (10/10).

Kesepuluh nomor yang menjadi harapan Jabar itu ialah dua nomor di sektor putri, empat nomor putra, dua carom, satu english billiard, dan satu snooker.  ***


Tabel 15 Besar Perolehan Medali PON XX Papua 2021