OLIMPIADE TOKYO 2020

Perolehan Medali: Indonesia Turun Lagi, ke Posisi 49

Perolehan Medali: Indonesia Turun Lagi, ke Posisi 49
Ilustrasi (olympics.com)

WJtoday, Bandung - Posisi kontingen Indonesia berada di urutan ke-49 klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020 pada Sabtu (7/8/2021) pagi. Indonesia melorot seiring keberhasilan beberapa negara meraih medali emas. 

Indonesia kini sudah dipastikan gagal memenuhi target perbaikan peringkat yang diutarakan Menpora Zainudin Amali.

Sebelum Olimpiade digelar, Menpora menyebut target Indonesia di Olimpiade Tokyo bukanlah jumlah medali melainkan perbaikan peringkat. Lima tahun lalu, Indonesia mengakhiri Olimpiade di peringkat ke-46.

Posisi Indonesia juga bakal bisa lebih melorot pada Sabtu (7/8). Pasalnya, Filipina dipastikan mendapat minimal perak lewat tinju, belum lagi negara-negara lain yang berada di bawah Indonesia.

Indonesia sendiri sudah tak bisa lagi menambah jumlah medali lantaran tak ada lagi atlet yang bertanding di sisa waktu Olimpiade Tokyo 2020.

Untuk sementara posisi pertama ditempati oleh China dengan torehan 36 emas, 26 perak, dan 17 perunggu. Amerika Serikat ada di peringkat kedua dengan catatan 31 emas, 36 perak, dan 31 perunggu.

Tuan rumah Jepang ada di posisi keempat dengan koleksi 24 emas, 11 perak, dan 16 perunggu, disusul Inggris Raya di posisi keempat dan Rusia di peringkat kelima.

Salah satu nomor bergengsi yang dipertandingkan pada Jumat (6/8) malam adalah nomor lari estafet 4x100 meter. Kategori putra dimenangkan oleh Italia sedangkan Jamaika berjaya di kategori putri.  ***

Perolehan Medali Sementara Olimpiade Tokyo 2020