OLIMPIADE TOKYO 2020

Perolehan Medali: China Masih Terbanyak, Indonesia ke-54

Perolehan Medali: China Masih Terbanyak, Indonesia ke-54
Ilustrasi (olympics.com)

WJtoday, Bandung - Pergantian-pergantian posisi terus terjadi di klasemen Olimpiade Tokyo 2020 Sabtu (7/8/2021) atau satu hari menjelang penutupan, termasuk posisi Indonesia.

Emas terakhir Olimpiade Tokyo pada Sabtu (7/8) diraih Prancis dari cabang olahraga bola voli. Dalam partai final, Prancis menang 3-2 atas ROC.

Selain Prancis, beberapa negara juga menambah raihan medali. Indonesia yang tak lagi memiliki atlet di hari jelang penutupan Olimpiade harus mengalami penurunan peringkat.

India dan Filipina, merupakan beberapa di antara negara yang melangkahi Indonesia karena meraih medali pada pelaksanaan Olimpiade hari ke-16.

Khusus untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Indonesia kini berada di peringkat kedua setelah Filipina yang mengemas 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Sementara untuk kawasan Asia, Indonesia kini berada di urutan ke-11.

Posisi Indonesia rawan turun lagi mengingat pada hari terakhir masih ada beberapa pertandingan yang masih memperebutkan medali.

Hasil Indonesia di Olimpiade kali ini sudah dipastikan tak lebih baik ketimbang lima tahun lalu ketika menempati peringkat ke-46 dengan meraih satu emas dan dua perak.

Persaingan sengit terjadi di puncak klasemen. China kini hanya unggul dua emas dari Amerika Serikat. Kontingen negara Tirai Bambu sudah mengeoleksi 38 emas, 31 perak dan 18 perunggu.

Sementara AS berada di peringkat kedua dengan 36 emas, 39 perak, dan 33 perunggu. Tuan rumah Jepang masih menempati peringkat ketiga dengan 27 emas, 12 perak, dan 17 perunggu. ***

Perolehan Medali Sementara Olimpiade Tokyo 2020