Peringati HUT ke-75 RI, Bank Indonesia Cetak Uang Khusus Rp75.000

Peringati HUT ke-75 RI, Bank Indonesia Cetak Uang Khusus Rp75.000
Ilustrasi desain uang pecahan Rp75.000 yang beredar.

WJtoday, Jakarta - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-75 Bank Indonesia akan mengeluarkan uang khusus Rp 75.000.

Rencananya, peresmian pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia itu akan digelar pada hari ini Senin (17/8).

Peresmian ini akan dilakukan secara virtual bersamaan dengan peringatan HUT ke-75 RI. Adapun penerbutan uang rupiah khusus itu akan dilakukan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo secara virtual.

Berdasarkan informasi, uang rupiah khusus yang diterbitkan bernominal Rp 75.000 dengan jumlah terbatas sekitar 250 ribu lembar.

Dikutip dari keterangan resmi BI, Minggu (16/8/2020), adapun uang rupiah khusus merupakan uang yang diterbitkan secara khusus oleh Bank Indonesia dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu. Uang itu memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Uang rupiah khusus terdiri dari koin atau kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang, atau uang bersambung.

Uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika atau uang koleksi di Indonesia.

Setiap edisi uang rupiah khusus dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cinderamata.

Diketahui sebelumnya, BI selalu menerbitkan Uang Rupiah Khusus sebagai bagian dari perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia. Penerbitan uang baru tersebut dilakukan setiap 25 tahun sekali.

Pada 1970 diterbitkan sembilan uang koin dengan ragam nominal antara Rp200 sampai Rp25.000. Pecahan tersebut dikenal sebagai uang Seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sedangkan pada 1995 atau pada perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia, diterbitkan dua Uang Rupiah Khusus yakni uang koin bernominal Rp300.000 dan Rp850.000.

Dua uang yang menyematkan gambar Presiden Ke-2 RI Soeharto di dalamnya ini dikenal sebagai uang Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.***