Peringatan Sumpah Pemuda, BEM UI dan Aliansi Buruh Gelar Aksi Unjukrasa

Peringatan Sumpah Pemuda, BEM UI dan Aliansi Buruh Gelar Aksi Unjukrasa
BEM UI dan Aliansi Buruh Gelar Aksi Unjukrasa

WJtoday, Jakarta - Massa aksi dari BEM UI dan aliansi buruh mulai berdatangan ke sekitar kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (28/10) siang. Mereka hendak berunjuk rasa di depan Istana.

Aksi ini bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda sekaligus untuk mengevaluasi dua tahun pemerintahan Jokowi.

Pantauan di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, tampak para mahasiswa dan buruh sudah berkumpul di kawasan Patung Kuda.

Mahasiswa dari BEM UI terlihat mengenakan almamater khas mereka. Sementara para buruh mengenakan baju berwarna merah. Peserta aksi juga membawa sejumlah selebaran berisi tuntutan.

Kedatangan massa aksi tersebut sudah diantisipasi kepolisian dengan mendirikan kawat berduri hingga mobil Barracuda. Mereka juga membuat barikade menutup Jalan Medan Merdeka Barat arah Istana. Jalan di kawasan tersebut saat ini sudah ditutup.

Sebelumnya, Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat AKP Sam Suharto mengatakan, sebanyak 1.955 personel gabungan TNI-Polri akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan.

“1.955 personil gabungan TNI-Polri,” kata Sam kepada wartawan.

Sam menyebut, pengamanan akan dilakukan seperti pemasangan kawat berduri.

“Kawat berduri,” ujarnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas. Namun, hal itu masih bersifat situasional.

Bila terjadi kepadatan pihaknya akan melakukan penutupan di kawasan Patung Muda, perempatan Harmoni, hingga di depan Kedubes AS.***