Peringatan Dini BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir di Beberapa Wilayah

Peringatan Dini BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir di Beberapa Wilayah
Citra satelit daerah potensi hujan berdasarkan ketebalan awan di Indonesia, Minggu 21/11/2021. (bmkg)

WJtoday, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Minggu (21/11/2021).

Dikutip dari laman BMKG, disampaikan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali.

Untuk wilayah Jawa Barat, BMKG minta waspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hingga malam hari di wilayah Kota Depok, Kab. Bogor, Kota Bogor, Kab. Bekasi, Kota Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta.

Kemudian, Kab. Subang, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota , Tasikmalaya, Kab. Sumedang, Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab. Ciamis, Kota Banjar, dan Kab. Pangandaran.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Bandung dan Sejumlah Kota di Jabar

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Dikemukakan BMKG, bibit Siklon Tropis 90S terpantau di Samudra Hindia selatan Banten yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Samudra Hindia barat Banten hingga selatan Jawa Barat dan dari Samudra Hindia selatan Bali hingga selatan Banten yang mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Di samping itu, sistem ini juga membentuk low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga barat daya Banten yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di sepanjang wilayah low level jet tersebut.  ***