Peringatan Dini BMKG: Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah RI

Peringatan Dini BMKG: Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah RI
Citra satelit daerah potensi hujan di Indonesia, Senin 1/11/2021. (bmkg)

WJtoday, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia,  Senin (1/11/2021).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, disampaikan bahwa potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang bisa terjadi di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat.

Unttuk wilayah Jawa Barat BMKG minta mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir antara siang hingga malam hari di Kab. dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab. dan Kota Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Subang, Kab. dan Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta.

Kemdian, Kab. dan Kota Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab. Sumedang, Kab. Garut, Kab. Majalengka, Kab. dan kota Tasikmalaya, Kab. dan Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Ciamis, Kab. Kuningan, Kota Banjar, dan Kab. Pangandaran.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Bandung dan Sejumlah Kota di Jabar, Senin (1 November)

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Sumatera Barat-Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan timur Riau hingga Sumatera Selatan.

Kemudian, dari pesisir selatan Yogyakarta hingga Samudera Hindia barat Lampung, dari Kalimantan Barat hingga perairan timur Lampung, dan dari Laut Sulawesi hingga Laut Jawa.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut China Selatan hingga Laut Natuna dan dari Papua hingga Teluk Cendrawasih.

Menurut BMKG, kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BMKG meminta masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi di wilayah Sulawesi Selatan.

"Waspada potensi bencana hidrometeorologi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat dan selatan," sebutnya.  ***