Polisi Selidiki Instastory Sopir Vanessa Angel

Polisi Selidiki Instastory Sopir Vanessa Angel
Sopir Vanessa Angel./tangkap layar

WJtoday, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Latif Usman menyatakan instastory yang diunggah sopir mobil Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy Prames Setya (Joddy), sebagai bahan penyelidikan kasus kecelakaan.

"Keterangan-keterangan itu akan kami kumpulkan jadi satu sebagai bahan pertanyaan penyelidikan," ujar Latif, Jumat (5/11/2021).

Joddy menjadi sorotan publik. Aksinya mengemudi mobil yang ditumpangi Vanessa Angel dan keluarga sambil bermain ponsel viral di media sosial.

Sebelum kecelakaan, sopir mendiang Vanessa Angel itu mengunggah instastory yang memperlihatkan video dirinya mengemudikan mobil sang artis bersama keluarganya di KM 555 mengarah ke Surabaya.

Dalam instastory itu, Joddy memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di atas 100 kilometer per jam. Tak lama kemudian di KM 672 terjadilah kecelakaan.

Insiden itu menyebabkan Vanessa Angel beserta suaminya Febri Ardiansyah meninggal dunia di lokasi kejadian pada Kamis, 4 November 2021.

Latif mengatakan proses pemeriksaan Joddy nantinya akan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Semua alat bukti akan dikumpulkan untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan tunggal tersebut.

"Yang penting proses penyelidikan harus sesuai prosedur. Tidak bisa berandai-andai dan tiba-tiba menersangkakan seseorang," ucap Latif.

Saat ini pihak kepolisian fokus terlebih dahulu terhadap pemulihan sopir sembari mendampingi dan melakukan pengawasan. 

"Kami juga berikan motivasi. Kejiwaannya harus tenang dulu, baru nanti kami lakukan pemeriksaan," kata dia.

Penyelidikan insiden kecelakaan di ruas Tol Jombang-Mojokerto KM 672 itu akan diselidiki Polres Jombang dibantu Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim.

"Kami juga turunkan tim dari Ditlantas. Olah tempat kejadian perkara kami bantu sedemikian rupa sehingga proses tetap di Polres Jombang," kata Latif.

Ini Analisis Roy Suryo

Video beberapa saat sebelum kecelakaan maut Vanessa Angel dan Suami kian viral. Terutama Instastory yang dibuat oleh sang sopir, Tubagus Jody. 

Video itu disebut telah dihapus. Namun ada warganet mengaku sudah mengabadikannya dalam tangkapan layar dan kemudian viral. 

Pakar Telematika, Roy Suryo pun buka suara memberikan analisisnya pada video yang viral tersebut. Eks Menpora ini mengungkapkan, Instagram Story sang sopir dibuat di km 555 atau 117 km sebelum kejadian di km 672 tol Jombang-Mojokerto. 

"Dibalik musibah Vanessa Angel di Tol Km 672, saya banyak dikonfirmasi Insta-Story sopirnya, Tb Joddy (yg sdh dihapus). IS ini dibuat di Km 555, 117 km sblm kecelakaan, sekitar jam 11.52. Bila Laka tjd jam 12.36, artinya kec Pajero +- 159 km/jam?," kata Roy di Twitter-nya, Kamis 4 November 2021.

Eks Anggota DPR itu pun mempersilakan polisi untuk menganalisisnya secara lebih dalam. 

“Biarlah TAA Pol yg menganalisisnya,” tuturnya.

"159 km/jam itu rata-rata dalam 44 menit, Artinya bisa jadi sesekali mencapai kecepatan jauh lebih cepat dari itu, sekitar 180 km /jam atau bahkan lebih, sampai 200 km/jam," katanya.

Atas analisis tersebut, Roy mempunyai beberapa dugaan yang menjadi pemicu kecelakaan tersebut. 

"Dengan kecepatan setinggi itu, Wajarkah Yang bersangkutan ‘mengantuk’? Sebab mengantuk biasanya melambat kecepatannya, mungkin lebih tepat yang bersangkutan Fatigue (lelah) atau bahkan main HP," tutupnya.

Pengakuan Sopir

Diberitakan sebelumnya, Artis Vanessa Angel dan suami meninggal dunia dalam kecelakaan maut di Tol Jombang-Mojokerto (JOMO), Jawa Timur, Kamis 4 November 2021. Sopir mobil Mitsubishi Pajero Sport maut yang membawa Vanessa dan keluarga sempat mengaku lelah pada polisi. 

"Pengakuan awal sopirnya lelah, jadi terjadi kecelakaan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Gatot Repli Handoko kepada wartawan, Kamis 4 November 2021.***