Kualifikasi Piala Dunia 2022

Perebutan Jatah Playoff Piala Dunia 2022 Zona Afrika Makin Sengit

Perebutan Jatah Playoff Piala Dunia 2022 Zona Afrika Makin Sengit
Super Eagles mengalahkan Lone Star dari Liberia 2-0 di Grand Stade de Tangier, Maroko, dalam pertandingan kualifikasi Grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Guardian)

WJtoday, Jakarta  - Nigeria selangkah lagi menuju playoff atau putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika setelah membungkam tuan rumah Liberia 2-0 dalam pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia Qatar berkat gol penalti yang masing-masing diciptakan oleh Victor Osimhen menit ke-15 dan Ahmed Musa pada menit 90+4.

Nigeria kini memuncaki Grup C dengan 12 poin atau dua poin di atas Cape Verde yang menempati urutan kedua.

Cape Verde sendiri berbalik mengalahkan tamunya Republik Afrika Tengah 2-1 setelah tertinggal lebih dulu oleh gol Isaac Ngoma pada menit ke-11 yang kemudian disamakan Julio Tavares pada menit ke-51, sedangkan Stopira memastikan kemenangan tuan rumah pada menit ke-75.

Di Grup B, terjadi kejutan ketika tuan rumah Guinea Ekuatorial menggulingkan Tunisia 1-0 berkat gol Pablo Ganet pada menit ke-83. Kedua negara kini sama-sama mengemas 10 poin di puncak grup ini.

Pada hari yang sama dalam grup ini, tuan rumah Zambia mencukur Mauritania 4-0 di mana Fashion Sakala menciptakan hattrick menyusul gol pembuka yang diciptakan Patson Daka pada menit ke-34.

Pertarungan memperebutkan jatah playoff zona Afrika untuk Piala Dunia 2022 juga berlangsung sengit di Grup D ketika Kamerun dan Pantai Gading sama-sama memenangkan laga mereka memperketat proses penentuan juara grup yang berhak ke playoff zona Afrika.

Afrika memperoleh jatah lima tim dalam Piala Dunia Qatar 2022. Sepuluh juara grup kualifikasi Piala Dunia zona ini akan bertarung memperebutkan lima tiket melalui total sepuluh pertandingan kandang dan tandang.

Baru Mesir, Mali, Maroko dan Senegal yang sudah memastikan lolos ke playoff zona ini. Enam lainnya masih harus ditentukan dalam pertandingan terakhir grup zona sampai tiga hari ke depan.***