Perbedaan Ranking BWF World Tour Finals dan Ranking BWF World, Ini Penjelasannya

Perbedaan Ranking BWF World Tour Finals dan Ranking BWF World, Ini Penjelasannya
Indonesia jadi tuan rumah BWF World Tour Finals 2021 di Bali

WJtoday, Bandung - Indonesia  menjadi tuan rumah untuk tiga turnamen bulutangkis yang diadakan di Bali pada November hingga Desember tahun 2021 ini.

Tiga turnamen bulutangkis tersebut adalah Indonesia  Master  2021, Indonesia Open 2021, dan BWF World Tour Finals 2021.

Salah satu turnamen yang sangat spesial dan dinanti-nanti oleh seluruh atlet badminton dunia adalah BWF World Tour Finals 2021.

BWF World Tour Finals 2021  merupakan turnamen penutup dari berbagai rangkaian tur bulutangkis dunia yang telah terlaksana dalam satu musim kompetisi. Turnamen ini akan dilaksanakan pada 1-5 Desember 2021.

Aturan yang membuat turnamen ini jadi spesial adalah peserta yang boleh mengikuti turnamen ini hanyalah mereka yang masuk delapan peringkat teratas dalam Ranking BWF World Tour Finals.

Lantas apa perbedaan  Ranking  BWF World Tour Finals dan Ranking BWF World? Bagaimana cara perhitungan ranking BWF World Tour Finals supaya bisa mengikuti turnamen pamungkas di Bali, Indonesia?

Berikut kami  telah merangkum perbedaan ranking Ranking BWF World Tour Finals dan Ranking BWF World serta cara perhitungannya.

BWF World Ranking (Peringkat Dunia BWF)

Perbedaan Ranking BWF World Tour Finals dan Ranking BWF World terletak dari tujuan dan cara perhitungan poin. Simak penjelasannya lengkapnya hingga akhir artikel ini.

Ranking BWF World merupakan tolok ukur resmi yang dibuat BWF untuk mengetahui kualitas pemain bulutangkis di level teratas dunia.

Penentuan Ranking BWF World ini berdasarkan pada jumlah total poin yang diperoleh pemain dalam 52 minggu sebelumnya.

Pemain yang mengikuti turnamen paling banyak tidak lantas mendapatkan poin lebih banyak dibandingkan lainnya. Sebab perhitungan poin dan penentuan Ranking BWF World tidak semata-mata didasarkan dari jumlah poin dari semua pertandingan yang diikuti.

Melainkan perhitungan Ranking BWF World hanya mengakumulasi 10 pertandingan dengan skor tertinggi yang didapatkan pemain dalam 52 minggu terakhir.

Bagi pemain yang mengikuti kurang dari 10 pertandingan, maka seluruh poin akan dijumlahkan dan menjadi penentuan Ranking BWF World. Namun bagi pemain yang sudah mengikuti lebih dari 10 pertandingan, maka poin yang akan diakumulasikan adalah 10 poin terbesar yang pernah didapatkan.

Jumlah poin yang didapatkan di setiap turnamen berbeda, bergantung dengan kelas turnamen dan aturan poin yang sudah ditetapkan BWF. Perolehan poin Ranking BWF World berbeda-beda sesuai dengan kelas turnamen, sederhananya adalah sebagai berikut:

Turnamen Kelas 1
Kejuaraan Dunia dan Olimpiade

Juara 1: 13.000 poin; Juara 2: 11.000 poin

Turnamen Kelas 2
BWF World Tour Finals, Super 1000, Super 750, Super 500, Super 300, dan Super 100

Juara 1: 12.000 poin - 5.500 poin; Juara 2: 10.200 poin - 4.680 poin

Turnamen Kelas 3
International Challenge, International Series, dan Future Series

Juara 1: 4.000 poin - 1.700 poin; Juara 2: 3.400 poin - 1.420 poin

Keterangan poin secara lengkap bisa melihat di website BWF.

BWF World Tour Finals Ranking (Peringkat Tur Dunia BWF)

Sejak 2018, BWF mengadakan acara bulutangkis baru yang disebut sebagai Tur Dunia BWF atau BWF World Tour. BWF World Tour ini terdiri dari 26 turnamen yang diadakan selama satu tahun.

Setiap pemain akan berlomba-lomba untuk mengumpulkan poin terbanyak selama 26 turnamen dalam setahun tersebut.

Pasalnya, hanya pemain yang menempati delapan besar saja yang bisa mengikuti turnamen terakhir yang disebut sebagai BWF World Tour Finals.

Berbeda halnya dengan Ranking BWF World, Ranking BWF  World Tour Finals hanya memperhitungkan hasil poin yang didapatkan pemain selama 26 turnamen di BWF World Tour.

Jadi Ranking BWF World dan Ranking BWF World Tour Finals adalah dua hal yang berbeda.

Sebagai contoh, pemain nomor satu dunia di Ranking BWF World bisa masuk di peringkat terbawah Ranking BWF World Tour Finals apabila ia hanya mengikuti sedikit turnamen atau hanya mengumpulkan sedikit poin sepanjang 26 turnamen dalam tahun tersebut.

Itulah perbedaan Ranking BWF World Tour Finals dan Ranking BWF World serta cara perhitungannya.***