Penyelenggaraan PON XX Sejauh ini Aman dan Kondusif

Penyelenggaraan PON XX Sejauh ini Aman dan Kondusif
Ilustrasi suasana pembukaan PON XX Papua tahun 2021. (okezone.com)

WJtoday, Timika - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyebut situasi kamtibmas di wilayah itu aman dan kondusif selama penyelenggaraan PON XX, terutama di empat klaster penyelenggaraan PON di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Secara keseluruhan sangat aman dan kondusif," kata Irjen Fakhiri di Timika, Sabtu (9/10/2021).

Fakhiri menegaskan jika masih terjadi persoalan di beberapa daerah di wilayah pedalaman Papua sebagaimana terjadi di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo dan daerah lainnya, maka hal itu tidak sampai mengganggu penyelenggaraan PON XX.

"Kalau ada persoalan, itu biasa. dan jauh dari tempat-tempat klaster PON," ujarnya.

Dia juga mengatakan saat ini warga Papua larut dalam euforia PON. Terbukti waktu masyarakat yang bermukim di empat klaster sangat antusias mendatangi berbagai arena untuk menyaksikan langsung pertandingan berbagai cabang olahraga selama PON berlangsung.

"Saya sangat yakin dan percaya bahwa orang yang tinggal di Tanah Papua, apalagi orang asli Papua, dia mencintai olahraga. Maka tidak heran, selama PON berlangsung warga bisa menikmati semua pertandingan di semua klaster PON di Tanah Papua," sebut Fakhiri.

PON XX yang dibuka Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2021 bertempat di Stadion Utama Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, merupakan PON pertama di wilayah Papua, termasuk di kawasan timur Indonesia.

Penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu akan ditutup pada 15 Oktober 2021.

Sejauh ini tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta terus bersaing secara ketat sebagai pengumpul medali emas terbanyak.

Di luar tiga provinsi itu, tuan rumah Papua pada penyelenggaraan PON XX ini tampil luar biasa dengan mendulang banyak medali emas di semua cabor yang dipertandingkan.  ***