Pengumuman Penetapan Pasangan Calon di Pilkada 2020 akan Dilaksanakan KPU Besok

Pengumuman Penetapan Pasangan Calon di Pilkada 2020 akan Dilaksanakan KPU Besok
Anggota KPU Jabar Divisi Teknis, Endun Abdul Haq
WJtoday, Bandung - Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen persyaratan pencalonan. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) akan mengumumkan penetapan pasangan calon (paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Anggota KPU Jabar Divisi Teknis, Endun Abdul Haq mengatakan, pada tanggal 23 september akan dilakukan penetapan paslon, yang nanti berhak mengikuti kontestasi. Kemudian, saat ini merupakan hari terakhir pemeriksaan dokumen persyaratan pencalonan.

Kemudian, kata Endun, tanggal 24 september akan dilakukan tahapan pengundian nomor urut, yang akan dilakukan serentak di Jabar. Pihaknya berharap paslon hadir secara langsung, untuk mendapatkan hasil nomor urut sesuai hasil pengundian.

"Nanti KPUD akan melakukan pengundian dengan cara yang unik sesuai dengan kekayaan khasanah budaya masing-masing," kata Endun, Selasa (21/9).

Akan tetapi, pihaknya mengingatkan pada pelaksanaan pengundian nomor urut tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadi peserta yang hadir dalam pengundian nomor urut akan dibatasi sesuai dengan kententuan protokol kesehatan.

"Ini yang saya kira yang harus dipahami oleh paslon, pendukung, partai pengusung. Karena pengunjungnya akan dibatasi," ujarnya.

Menurutnya, puncak dari tahapan pencalonan adalah pengundian nomor urut. Lalu, tahapan selanjutnya yakni kampanye.

"Kampanye dimulai tanggal 26 september sampai dengan 5 desember 2020. Selama 71 hari," tukasnya.***