Penerapan Barcode di Tahura Gunung Kunci Disambut Baik Pengunjung

Penerapan Barcode di Tahura Gunung Kunci Disambut Baik Pengunjung
Penerapan barcode di Tahura Gunung Kunci untuk memberikan penjelasan sekaligus pengetahuan seputar Tahura Gunung Kunci disambut baik para pengunjung. (instagram)

WJtoday, Sumedang - Penerapan barcode di Tahura Gunung Kunci untuk memberikan penjelasan sekaligus pengetahuan seputar Tahura Gunung Kunci disambut baik para pengunjung. Setidaknya hal itu diketahui melalui hasil survei yang dilakukan pengelola terhadap pengunjung sejak barcode di pasang di areal Tahura Gunung Kunci. 

"Saat kami menerapkan sistem barcode, kami langsung melakukan survei terhadap pengunjung, dimana ada 39 sampel yang kami ambil dengan kisaran umur 16 - 55 tahun," terang Kabid Kehutanan DLHK Sumedang Wawan Hernawan, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (23/7/2022).

Hasilnya, lanjut Wawan, terkait pertanyaan manfaat tidaknya penggunaam barcode, 77% menyatakan manfaat dan 23% menyatakan sangat manfaat. 

Sementara ketika diberi pertanyaan tingkat kemudahan, 80% pengunjung menyatakan mudah dan 20% pengunjung menyatakan sangat mudah. 

"Survei ini sangat penting dilakukan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung saat berada di Tahura Gunung Kunci," katanya.

Selain itu, survei ini juga dilakukan untuk mengetahui pendapat pengunjung terkait metoda yang digunakan. 

"Jika metoda tersebut tidak manfaat dan dirasakan sulit oleh pengunjung jelas kami harus mencari metoda lain, namun alhamdulilah metoda yang kami lakukan mudah dan bermafaat bagi pengunjung sehingga bisa dilanjutkan," jelas Wawan.

Wawan mengatakan untuk bisa melakukan scan barcode, pengunjung terlebih dahulu mendowload QR Code di playstore kemudian buka scanner. 

"Saat ini barcode terpasang di 4 titik dengan data data yang berbeda beda," ujarnya.

Dijelaskan Wawan, untuk titik pertama di loket barcode berisi tentang tata tertib, tarif, denah dan juga sarana prasarana Tahura Gunung Kunci. 

Kemudian di sekitaran gerbang barcode berisi tentang sejarah benteng, ada juga di sekitaran jogging trak berisi tentang jenis tanaman yang ada di Tahura lengkap dengan kegunaan serta di area sekitar kantor Bidang Kehutanan berisi tentang sejarah Gunung Kunci menjadi Tahura.

Diakui Wawan penyedian informasi berupa barcode ini dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi seputar Tahura Gunung Kunci.

"Jadi pengunjung ketika datang ke Tahura Gunung Kunci selain bisa menikmati keindahan alamnya juga bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan terkait Gunung Kunci," sebutnya.  ***