Pendaftaran CPNS-PPPK Diperpanjang Sampai 26 Juli 2021, SKD-SKB Ikut Mundur?

Pendaftaran CPNS-PPPK Diperpanjang Sampai 26 Juli 2021, SKD-SKB Ikut Mundur?

WJtoday, Jakarta - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 sudah resmi dibuka pada akhir Juni kemarin. Sedianya masa pendaftaran akan berakhir pada Rabu (21/7) besok.

Namun pada Senin (19/7) hari ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 itu akan diperpanjang. "#SobatBKN, dalam rangka memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengikuti seleksi CASN tahun 2021, dilakukan perpanjangan masa pendaftaran dan penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi CASN tahun 2021," tulis BKN di Twitter-nya.

Dari tabel yang diunggah, perubahan paling mencolok adalah masa pendaftaran diperpanjang sampai 26 Juli 2021. Berikut jadwal terbaru dari BKN selengkapnya:

- Pengumuman Seleksi ASN: 30 Juni s.d. 14 Juli 2021
- Pendaftaran Seleksi ASN: 30 Juni s.d. 26 Juli 2021
- Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 2 s.d. 3 Agustus 2021
- Masa Sanggah: 4 Agustus s.d. 6 Agustus 2021
- Jawab Sanggah: 4 s.d. 13 Agustus 2021
- Pengumuman Pasca Sanggah: 15 Agustus 2021

Lantas bagaimana nasib tahapan seleksi berikutnya? Dalam surat yang diteken oleh Pelaksana Tugas Kepala BKN Bima Haria Wibisana itu, seleksi tahap berikutnya akan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait dengan penanganan pandemi Covid-19.

"Tahapan pelaksanaan seleksi ASN selanjutnya akan menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah terkait dengan Pandemi Covid-19," tutur BKN di surat edarannya. 

"Mengingat pentingnya pelaksanaan seleksi tersebut, agar jadwal ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan Seleksi Calon ASN Tahun 2021."

Karena itulah, BKN mendorong setiap calon peserta untuk menggunakan perpanjangan waktu ini dengan sebaik-baiknya. 

"Cermati kembali alur dan syarat pendaftaran, siapkan data yang diperlukan, kemudian segera mendaftar," tegas BKN.

Jadi jangan sampai terlewat untuk menyelesaikan seluruh proses pendaftaran sesuai batas waktu yang telah ditentukan ya. Perhatikan pula alur pendaftaran, kelengkapan berkas, hingga hal-hal penting apa saja yang bisa menggugurkan seorang peserta dalam tahap seleksi administrasi, seperti diungkap BKN di sini.***