Pemprov Jabar Gandeng Wanadri Tanam Bibit Mangrove di Sepanjang Pantura

Pemprov Jabar Gandeng Wanadri Tanam Bibit Mangrove di Sepanjang Pantura
Pemprov Jabar melibatkan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dalam pelaksanaan program penanaman bibit mangrove di sepanjang pantai utara Jabar. (humas jabar)

WJtoday, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melibatkan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dalam pelaksanaan program penanaman bibit mangrove di sepanjang pantai utara Jabar.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil berharap komunitas pencinta alam yang memiliki ribuan anggota itu mendukung upaya pemulihan dan perbaikan lingkungan.

"Kita menitipkan kepada Wanadri program menanam bakau di sepanjang pantai utara agar kemanusiaan bisa diselamatkan dan lingkungan bisa dikembalikan," ujar Emil, sapaan gubernur,  sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah provinsi di Bandung, Senin (8/8/2022).

Dia mengemukakan kolaborasi dengan Wanadri terbukti efektif dalam kegiatan penanaman 50 juta bibit pohon di lahan kritis Jawa Barat. 

"Program menanam 50 juta bibit pohon di lahan kritis sudah selesai dibantu oleh Wanadri, sekarang Wanadri juga harus yang terdepan untuk mengembalikan kondisi lingkungan di sepanjang pantai utara," ungkapnya.

Ia menjelaskan kenaikan permukaan air laut akibat pemanasan global telah menenggelamkan sekitar 700 hektare lahan di kawasan pantai utara Jabar.

Penanaman mangrove diharapkan bisa melindungi kawasan pantai dari abrasi dan dampak kenaikan permukaan air laut.

"Di utara Jabar, sekitar 700 hektar lahan hilang menjadi lautan karena kenaikan permukaan air laut oleh pemanasan global, maka cara yang efektif adalah menanam mangrove dan mengubah perilaku," tutup Emil.  ***