Pemprov Jabar Distribusikan 700 Tabung Oksigen ke Wilayah Ciayumajakuning

Pemprov Jabar Distribusikan 700 Tabung Oksigen ke Wilayah Ciayumajakuning
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

WJtoday, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendistribusikan 700 tabung oksigen untuk wilayah Ciayumajakuning. Selain itu Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga mendapatkan hibah 1.500 tabung oksigen dari Singapura, yang diperuntukkan pinjam-pakai pasien isolasi mandiri.

Kebutuhan tabung oksigen di masa pandemi Covid-19 memang terus meningkat. Melonjaknya kasus membuat ketersedian tabung oksigen kian langka.

Untuk itu, Pemprov Jabar terus mencari pasokan tabung oksigen untuk kebutuhan rumah sakit. Rabu (14/7/2021) pagi, Ridwan Kamil melepas distribusi 700 tabung oksigen ke wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. 

Ridwan Kamil mengatakan, selain 700 tabung oksigen, besok Kamis (15/7), Jawa Barat mendapatkan 1.500 tabung oksigen yang berasal dari hibah Singapura.

“Sebagian tabung akan digunakan oleh pasien isoman dengan sistem pinjam pakai,” ujar Ridwan Kamil, Rabu.

Ridwan Kamil mengungkapkan, saat ini bed occupancy rate (BOR) di Jabar mengalami penurunan, walaupun masih dalam persentase kecil per harinya. 

Penurunan BOR ini bukan karena kasus Covid-19 di Jabar menurun, namun keberhasilan Pemprov Jabar dalam menahan di hulu (isolasi mandiri dan puskesmas), juga memindahkan pasien yang masa penyembuhan dari rumah sakit ke gedung penyembuhan di hotel dan apartemen yang telah disediakan.***