Pemkot Depok Berencana Beri Bansos untuk Mahasiswa Miskin Berprestasi Tahun 2023

Pemkot Depok Berencana Beri Bansos untuk Mahasiswa Miskin Berprestasi Tahun 2023
Pemkot) Depok tengah menyiapkan program bantuan sosial (bansos) pendidikan bagi mahasiswa miskin berprestasi di tahun 2023. (ilustrasi: siaran depok)

WJtoday, Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah menyiapkan program bantuan sosial (bansos) pendidikan bagi mahasiswa miskin berprestasi. Rencananya, program bansos ini akan digulirkan di tahun 2023, yang kini masih dalam proses pembahasan dengan Perangkat Dinas (PD) terkait.

"Jadi saat ini masih proses karena jangan sampai salah sasaran. Makanya kami sangat berhati-hati untuk melakukan program ini," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, dalam rilis, dikutip Sabtu (13/8/2022).

Dikatakan Imam, pentingnya prinsip by name by address (BNBA) yang akurat juga menjadi poin pembahasan bansos mahasiswa miskin berprestasi. Hal tersebut agar bansos ini sesuai dengan mekanisme penganggaran yang berlaku di Indonesia.

"Memang mekanisme APBD harus ada by name by address (BNBA). Jadi saat ini sedang didata BNBA yang memang layak mendapatkan bansos mahasiswa miskin berprestasi," jelasnya.

Lebih lanjut, ujar Imam, alasan Pemkot akan menggulirkan program ini berawal dari fenomena  banyaknya masyarakat miskin yang ingin kuliah tetapi tidak mempunyai biaya. 

Untuk itu, sejumlah perguruan tinggi sekitar Depok, baik negeri dan swasta sedang diupayakan Pemkot agar bisa bekerja sama dalam program ini.

"Bisa juga usulan dari perguruan tinggi terhadap siapa-siapa mahasiswanya yang berprestasi agar bisa menerima bantuan. Untuk besarannya masih kami diskusikan apakah akan memberikan senilai Rp 15 juta per mahasiswa untuk satu tahun atau selama mereka berada di perguruan tinggi," jelas Imam.

"InsyaAllah semua itu akan direalisasikan di tahun 2023. Makanya sekarang sedang digodok, dan ini tidak masuk dalam program Kartu Depok Sejahtera (KDS)," tandas Imam.  ***