Pemkab Karawang Berencana Bangun Embung di Wilayah Utara Atasi Kekeringan saat Kemarau

Pemkab Karawang Berencana Bangun Embung di Wilayah Utara Atasi Kekeringan saat Kemarau
Pemkab Karawang melalui Dinas Pertanian berencana membangun embung di wilayah bagian utara untuk mengatasi masalah pertanian atau kesulitan air yang sering dialami petani saat musim kemarau. (ilustrasi: suara.com)

WJtoday, Karawang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang  melalui Dinas Pertanian berencana membangun embung di wilayah bagian utara untuk mengatasi masalah pertanian atau kesulitan air yang sering dialami petani saat musim kemarau.

"Di wilayah Karawang utara, khususnya Kecamatan Cibuaya, kalau musim hujan kebanjiran,  sedang kalau musim kemarau kekeringan." ungkap Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi, Sabtu (16/7/2022).

"Ini sangat berdampak negatif terhadap pertanian. Karena itu, kami saat ini tengah melakukan kajian akademik untuk pembangunan embung,” dia menambahkan.

Pembangunan embung itu direncanakan bertempat di atas lahan seluas sekitar 5 hektare di wilayah utara Karawang. 

Selain pembangunan embung, untuk mendukung sektor pertanian, Pemkab Karawang juga melakukan normalisasi saluran irigasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Karawang Dedi Ahdiat menyampaikan program normalisasi saluran irigasi itu merupakan program prioritas di dinasnya.

Dia menyebut program tersebut merupakan bentuk dukungan pihaknya dalam peningkatan produksi pertanian dan ketahanan pangan nasional.  ***